Mematahkan Stigma, Penjual Es Degan di India Ini Pakai Gerobak Higienis

Gerobak yang dipakai pun tampak modern dan menarik perhatian.

Hiromi Kyuna
Rabu, 27 April 2022 | 15:24 WIB
Ilustrasi es kelapa muda. (Unsplash/Sandro Strenta)

Ilustrasi es kelapa muda. (Unsplash/Sandro Strenta)

Guideku.com - Video tentang pedagang kaki lima India kerap kali viral karena proses penyajiannya yang tak higienis. Mulai dari memegang bahan makanan langsung dengan tangan, hingga alat berkarat membuat publik memberi penilaian miring pada kuliner India.

Faktanya, tak semua makanan yang dijual pedagang kaki lima India disajikan dengan sembarangan, lho. Ada pula pedagang yang menjaga jualannya agar tetap higienis.

Hal ini seperti yang dibagikan melalui akun TikTok @dedysusanto.pj_official. Dalam unggahan itu tampak seorang pedagang air kelapa di pinggir jalan India.

Baca Juga: Masak Rendang dengan Cara Tak Biasa, Tampilannya Super Mewah ala Restoran

Gerobak air kelapa tersebut tampak bersih dan juga modern dengan dominasi warna hijau, kuning dan biru. Rupanya di gerobak itu ada mesin yang dipakai untuk membuat air kelapa lebih higienis.

Pertama penjual memotong bagian bawah kelapa dengan alat pemotong stinless. Setelah itu, bagian tengah kelapa dibolongi dengan mesin khusus.

Penjual es kelapa di India (TikTok @indian_food_)
Penjual air kelapa di India (TikTok @indian_food_)

Air kelapa lalu dituangkan ke dalam wadah besar untuk disterilkan. Setelah itu, air kelapa tersebut akan keluar melalui kran dan diwadahi menggunakan gelas gabus.

Baca Juga: Viral Wanita Masak Ular Goreng dengan Rasa Mirip Ayam, Berani Mencoba?

Ia juga memberikan sedotan transparan yang membuat tampilan minuman itu jadi lebih menggemaskan. Sayangnya pedagang kaki lima ini terlihat sangat sepi, tak ada pembeli lain yang tampak dalam video itu.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Aslinya banyak yang higienis kok, tapi yang terekspos media cuma yang tahu lah kayak gimana," komentar seorang warganet.

Baca Juga: Sudah Sampai di Bioskop, Wanita Ini Baru Sadar Tiket Nontonnya Sudah Hangus

Warganet lainnya ikut berkomentar. "Wah keren nih, di tempatku aja masih tradisional banget," ujar warganet ini.

"Mantap, gerobaknya bersih, gelasnya bersih, semuanya higienis. Sayang banget sepi, mungkin karena dikira mahal kali ya," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Rabu (27/4/2022), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 3 juta kali di TikTok.

Baca Juga: Pergi ke KFC Tengah Malam, Pria Ini Rasakan Kebaikan Manajer yang Menyentuh

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak