Menikmati Ragam Ramen Terfavorit yang Melekat pada Budaya Kuliner Jepang

Ramen, hidangan mie berkuah ala Jepang, memiliki variasi menarik di Indonesia. Nikmati kekayaan kuliner Jepang tanpa harus pergi jauh! Selamat menikmati pengalaman kuliner yang menggoda selera!

Ananda Saputra
Sabtu, 11 November 2023 | 12:45 WIB
Ramen, sajian mie berkuah ala Jepang, hadir dengan beragam variasi yang menarik di Indonesia. Rasakan kekayaan kuliner Jepang tanpa perlu pergi ke tempat yang jauh! Selamat menikmati pengalaman kuliner yang mengundang selera! (Pixabay/takedahrs)

Ramen, sajian mie berkuah ala Jepang, hadir dengan beragam variasi yang menarik di Indonesia. Rasakan kekayaan kuliner Jepang tanpa perlu pergi ke tempat yang jauh! Selamat menikmati pengalaman kuliner yang mengundang selera! (Pixabay/takedahrs)

Guideku.com - Varian Ramen Jepang dikenal sebagai negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa, termasuk dalam bidang kuliner. Dari sushi, teppanyaki, hingga ramen, berbagai hidangan khas Jepang telah meraih ketenaran global.

Bahkan, Anda tidak perlu bepergian jauh ke Jepang untuk menikmati beragam menu ini, karena banyak restoran di Indonesia yang menyajikan pilihan tersebut, termasuk jenis-jenis ramen.

Ramen sendiri merupakan kuliner mie berkuah ala Jepang yang memiliki akar dari Tiongkok sebelum mengalami transformasi menjadi hidangan otentik dari Jepang. Adopsi elemen-elemen lokal dan variasi modifikasi menciptakan berbagai jenis ramen yang dapat dinikmati di berbagai tempat.

Baca Juga: Asinan Betawi Kamboja Rawamangun, Legend Banget! Sudah Berdiri Sejak Tahun 70-an

Dilansir dari situs kuliner, jenis-jenis ramen paling populer di Indonesia.

Shoyu Ramen

Jenis ramen ini menggunakan 'shoyu' sebagai bumbu utama, yang merupakan kecap asin khas Jepang. 'Shoyu' diolah khusus untuk memberikan cita rasa yang cocok untuk ramen ini.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Camping Saat Travelling ke Kabupaten Subang

Diciptakan pada tahun 1910, ramen ini umum, mudah ditemukan, berkuah kaldu ayam dengan cita rasa ringan, asin, dan gurih. Meskipun klasik, ramen ini tetap populer dengan banyak variasi modifikasi.

Miso Ramen

Miso Ramen, salah satu varian ramen klasik dan terkenal, disajikan dengan kuah berbumbu miso. Miso, bahan asli Jepang hasil fermentasi kedelai, beras, atau kombinasinya dengan garam, memberikan karakteristik unik pada hidangan ini.

Baca Juga: Modal KTP Saja, Restoran Ini Bakal Gratisin Kamu Saat Ulang Tahun

Meskipun diyakini berasal dari Hokkaido, Miso Ramen telah meraih popularitas di seluruh Jepang dan di luar negeri. Menurut cerita legendaris, ramen ini diciptakan secara tak sengaja ketika seorang pelanggan mabuk meminta pelayan mencampurkan ramen ke dalam sup miso yang tengah disantapnya.

Tantan Ramen

Juga dikenal sebagai Tantanmen, jenis ramen ini merupakan adaptasi dari hidangan Sichuan, Tiongkok, yang disebut 'dan dan mian'. Dikenal dengan rasa pedasnya, ramen ini memiliki kuah kaya dan kental dengan bumbu-bumbu utama seperti pasta wijen, minyak cabai, dan 'doubanjiang'.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Periode Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Sudah 17 Persen Terjual

Cocok bagi pecinta kuliner pedas, Tantan Ramen biasanya disajikan dengan topping daging ayam atau daging babi giling yang juga memiliki cita rasa pedas.

Dengan kekayaan budaya kuliner Jepang yang menakjubkan, ramen menjadi salah satu varian terkenal di Indonesia. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi berbagai jenis ramen ini di tempat-tempat kuliner favorit Anda. Selamat menikmati pengalaman kuliner yang menggoda selera!

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak