Nyaman, Ini 4 Rekomendasi Hotel di Dekat Kotagede

Berencana menginap di kawasan Kotagede? Berikut rekomendasi hotelnya di bawah ini.

Dany Garjito | Arendya Nariswari
Rabu, 11 Desember 2019 | 21:00 WIB
MakamRaja-raja Mataram Kotagede. (Guideku/Arendya)

MakamRaja-raja Mataram Kotagede. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Berwisata ke Yogyakarta, rasanya kurang lengkap jika belum menjelajahi sejumlah situs bersejarahnya. Salah satu yang menarik dan kerap disambangi wisatawan ialah Makam Raja-raja Mataram.

Sebagai informasi dan pengetahuan, makam ini menjadi tempat di mana dikebumikannya Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya yang menjadi raja pertama Mataram Islam.

Kemudian ada pula Panembahan Hanyakrawati atau Mas Jolang yakni sebagai raja kedua.

Baca Juga: Wisata ke Yogyakarta, Ini 4 Rekomendasi Hotel Dekat Tugu Pal Putih

Ayah dari Panembahan Senopati yaitu Ki Ageng Pemangangan juga dikebumikan di Makam Raja-raja Mataram Kotagede ini, begitu pula Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya.

Lalu ada pula Sri Sultan Hamengkubuwono II yang juga dimakamkan di Makam Raja-raja Mataram Kotagede.

Karena arsitekturnya yang begitu unik, tak jarang banyak sekali wisatawan sengaja datang untuk berfoto-foto di gerbang Makam Raja-raja Mataram Kotagede ini.

Baca Juga: Deretan Hotel Dekat Museum Sandi, Bisa Jadi Pilihan Saat ke Yogyakarta

Nah, bagi Anda yang berencana melakukan wisata ziarah atau sekedar foto-foto di area dekat makam, berikut kami berikan 4 rekomendasi hotel tak jauh dari Makam Raja-raja Mataram Kotagede.

1. Kalya Hotel

Kalya Hotel Yogyakarta. (Instagram/@kalyahotel)
Kalya Hotel Yogyakarta. (Instagram/@kalyahotel)

 

Baca Juga: Main ke Museum TNI AD Dharma Wiratama, Bisa Menginap di 4 Hotel Ini

Hotel ini berjarak kurang lebih sekitar 1,8 kilometer dari Makam Raja-raja Mataram di Kotagede. Jika jalanan sedang tidak dalam keadaan macet, Anda bisa langsung menuju ke Situs Warungboto hanya dengan 6 menit perjalanan dari Hotel Kalya.

Hotel bintang 3 ini terbilang punya fasilitas cukup lengkap untuk wisatawan, termasuk satu di antaranya yakni kolam renang.

Kamar di Hotel Kalya ini sendiri disewakan mulai dari harga Rp 277 ribu per malamnya.

Alamat Hotel Kalya ini berada di Jalan Gedongkuning Nomor 118, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.

2. Tjokro Style

Tjokro Style Hotel Yogyakarta. (Instagram/@tjokrostyle)
Tjokro Style Hotel Yogyakarta. (Instagram/@tjokrostyle)

 

Hotel bintang tiga yang satu ini mengusung konsep colourfull dan kekinian, namun tetap cocok untuk disinggahi oleh keluarga. Beralamat di Jalan Menteri Supeno Nomor 48, jarak hotel ini dengan Makam Raja-raja Mataram hanya sekitar 2,4 kilometer saja.

Atau jika jalanan sedang tidak dalam keadaan macet dapat ditempuh dalam waktu 13 menit saja untuk sampai di Makam Raja-raja Mataram.

Rate sewa kamar di hotel Tjokro Style ini sendiri dibanderol mulai harga Rp 700 ribuan per malamnya. Terdapat fasilitas menarik lainnya di hotel Tjokro Style ini mulai dari kolam renang hingga restoran.

3. Ndalem Natan Royal Heritage

Ndalem Natan Royal Heritage. (Instagram/@ndalemnatan)
Ndalem Natan Royal Heritage. (Instagram/@ndalemnatan)

 

Ingin menginap di homestay bernuansa tradisional? Ndalem Natan Royal Heritage ini dapat Anda jadikan pilihab.

Masih mempertahankan bangunan rumah tradisional khas Yogyakarta, tak jarang Anda dapat menyaksikan gelaran tari Jawa di Ndalem Natan Royal Heritage ini lho.

Nuansa Jawanya sangat kental, mulai dari interior luar sampai dengan bagian dalam kamar yang memiliki banyak ukiran etnik serta batik.

Jarak Ndalem Natan Royal Heritage ini sendiri terbilang cukup dekat dengan Makam Raja-raja Mataram yakni hanya 400 meter saja.

Ndalem Natan Royal Heritage ini sendiri beralamat di Jalan Mondorakan Nomor 5, Prenggan, Kecamatan Kotagede.

Rate harga Ndalem Natan Royal Heritage sendiri dibanderol mulai dari Rp 700 ribuan per malam.

4. OYO Kotagede Heritage Homestay

OYO Kotagede Heritage Homestay. (OYOrooms.com)
OYO Kotagede Heritage Homestay. (OYOrooms.com)

 

Ingin menginap di homestay yang mengusung konsep tradisional? OYO Kotagede Heritage Homestay ini juga bisa Anda jadikan pilihan lho.

Alamat OYO Kotagede Heritage Homestay ini sendiri berada di Jalan Tegal Gendu Nomor 20, Prenggan, Kecamatan Kotagede.

Terjangkau untuk liburan bersama keluarga dan sahabat, rate menginap di OYO Kotagede Heritage Homestay ini dibanderol mulai dari Rp 200 ribuan saja lho, per malamnya.

Nah, jadi bagaimana? Anda sudah menentukan ingin menginap di hotel kawasan Kotagede yang mana?

Berita Terkait TERKINI
Jakarta menawarkan berbagai pilihan staycation menarik yang bisa memberikan pengalaman istimewa saat menikmati libur Nat...
stay | 20:01 WIB
Bagi kamu yang ingin mencari pengalaman liburan santai dan dekat dengan alam, tampaknya Garut bisa menjadi pilihan sempu...
stay | 15:37 WIB
Film bergenre action kriminal berjudul The Courier akan menghiasi layar kaca malam ini, Selasa (19/12/2023) pukul 23.00 ...
stay | 13:30 WIB
Tidak ada salahnya menikmati libur Natal dan Tahun Baru yang berkesan, ketahui ini adalah tempat staycation terbaik di B...
stay | 13:14 WIB
Bagi yang berencana merayakan tahun baru di Garut, Guideku.com telah merangkum 3 tempat staycation yang cocok untuk meng...
stay | 13:29 WIB
Saat libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah tempat staycation di Bandung, Jawa Barat mungkin akan cocok untuk dikunjungi....
stay | 13:18 WIB
Sumedang merupakan suatu daerah di Jawa Barat, tentunya bisa menjadi pilihan kamu untuk staycation guna menikmati momen ...
stay | 09:04 WIB
Kamu bisa mencoba untuk staycation di hotel saat libur Natal 2023, dan Tahun Baru 2024 jika bosan liburan ke tempat wisa...
stay | 08:46 WIB
Hotel murah di jogja ini dapat menjadi pilihan untuk ditempati saat liburan akhir tahun, bikin kantong aman....
stay | 10:32 WIB
Berbagai pilihan villa tersedia di Bogor, mulai dari yang terpencil atau di pinggir jalan dengan harga murah sampai pali...
stay | 10:49 WIB
Tampilkan lebih banyak