Travel

Fakta Unik di Balik Bangunan Lawang Sewu Semarang

Nggak melulu cerita seram, ternyata ada kisah menarik lho, di balik bangunan Lawang Sewu Semarang.

Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari

Lawang Sewu di malam hari/Instagram @gpkhendra.
Lawang Sewu di malam hari/Instagram @gpkhendra.

Guideku.com - Lawang Sewu merupakan situs gedung bersejarah peninggalan Belanda yang mulai dibangun pada 1904. Berlokasi di kota Semarang, gedung ini masih berdiri kokoh dan megah hingga saat.

Gedung ini tadinya merupakan kantor perusahaan kereta api swasta di pemerintahan Hindia Belanda yang bernama Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). Selesai dibangun pada 1907, kantor NIS ini dibangun berdasarkan pertimbangan penuhnya ruang kerja NIS yang tadinya beroperasi di Stasiun Semarang.

Sempat menjadi lokasi syuting acara uji nyali di salah satu stasiun TV swasta Indonesia, ternyata Lawang Sewu menyimpan cerita menarik. Kamu pun wajib mengunjunginya ketika berlibur ke Semarang lho. Yuk, langsung simak fakta-faktanya di bawah ini.

1. Ternyata Jumlah Pintunya Bukan 1000

Lawang Sewu Semarang/Instagram @ester.tw.
Lawang Sewu Semarang/Instagram @ester.tw.

Dinamakan Lawang Sewu oleh masyarakat setempat karena bangunan tersebut memiliki banyak pintu di setiap ruangnya. Meski pintu di dalam Lawang Sewu tidak mencapai ribuan, jendela bangunan ini memiliki ukuran besar layaknya sebuah pintu sehingga penduduk setempat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

2. Nggak Seseram Cerita yang Beredar

Lawang Sewu di malam hari/Instagram @graceflorensia.
Lawang Sewu di malam hari/Instagram @graceflorensia.

Pasti kebanyakan di antara kalian sering mendengar kalau gedung Lawang Sewu itu identik dengan penampakan dan hal yang menyeramkan. Padahal kenyataanya nggak seseram itu lho. Gedung Lawang Sewu ini memang pernah digunakan sebagai tempat uji nyali. Tapi kenyataannya tempat ini sekarang sudah mengalami renovasi dan pemugaran sehingga gedung dan lorong-lorongnya sudah tidak terkesan horor lagi.

3. Jadi Museum Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Museum Kereta Api di Lawang Sewu/Instagram @ajeng_simanjuntak.
Museum Kereta Api di Lawang Sewu/Instagram @ajeng_simanjuntak.

Tidak jauh dari sejarah hadirnya Kereta Api di Indonesia, beberapa ruangan di Lawang Sewu saat ini digunakan untuk museum kereta Api Indonesia. Untuk kalian penggemar kereta api bisa melihat bentuk foto-foto jenis kereta api secara lengkap disini. Nggak cuma foto, di sini kamu akan diceritakan secara lengkap tentang sejarah perkeretaapian Indonesia.

4. Sekarang Jadi Pusat Keramaian

Foto Pre-Wedding di Lawang Sewu/Instagram @alvinphotography
Foto Pre-Wedding di Lawang Sewu/Instagram @alvinphotography

Jangan percaya 100 persen deh, kalau ada yang bilang Lawang Sewu itu serem banget. Buktinya setelah direnovasi, gedung-gedung indah di Lawang Sewu ini sering digunakan beberapa pasangan yang akan menikah untuk foto Pre Wedding. Nggak cuma itu, di hari-hari tertentu ada penampilan live music yang menarik juga lho.

Berita Terkait

Berita Terkini