Travel

New Sabana Rawa Pening, Mendadak Muncul Langsung Viral

Bukan cuma viral, tapi juga langka nih!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

New Sabana Rawa Pening (instagram.com/agustinusgalih93)
New Sabana Rawa Pening (instagram.com/agustinusgalih93)

Guideku.com - Rawa Pening merupakan danau sekaligus objek wisata di Semarang yang sudah dikenal banyak orang. Namun, untuk sementara ini, kamu tak akan bisa menemukan danau saat berkunjung ke sana.

Alih-alih, kamu akan menemukan objek wisata baru berupa sabana yang dinamai ''New Sabana Rawa Pening''.

Percaya atau tidak, sabana yang berupa padang rumput hijau nan luas tersebut tercipta akibat mengeringnya air di Rawa Pening akibat kemarau panjang.

Karena keunikannya, seketika sabana Rawa Pening pun menjadi ramai oleh pengunjung dan kepopulerannya meledak di media sosial. Wisatawan berdatangan, enggan menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto di sini.

New Sabana Rawa Pening (instagram.com/ari_atmok)
New Sabana Rawa Pening (instagram.com/ari_atmok)

Pasalnya, keberadaan sabana ini belum tentu akan bertahan lama.

New Sabana Rawa Pening adalah fenomena yang belum tentu terjadi setiap tahunnya. Bahkan, menurut Koordinator Wisata New Sabana Rawa Pening, hal ini baru akan terulang sekitar 12 tahun sekali.

Normalnya, saat Rawa Pening mengalami pendangkalan di musim kemarau, area tersebut jauh lebih didominasi enceng gondok alih-alih rerumputan.

Namun, khusus untuk tahun ini, tanaman enceng gondok tak banyak ditemukan sehingga lahan yang dulunya merupakan Rawa Pening pun mulai ditumbuhi rerumputan.

New Sabana Rawa Pening (instagram.com/aryadhitya_)
New Sabana Rawa Pening (instagram.com/aryadhitya_)

Bagi kamu para travelers yang ingin mengabadikan keindahan sabana di Rawa Pening ini, kamu dapat mengunjunginya baik dengan mobil maupun motor.

Lokasi New Sabana Rawa Pening sendiri berada di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Di sini, kamu hanya perlu membayar tarif parkir yaitu sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil sedangkan sisanya gratis.

Jadi, buat kamu yang berminat, buruan datang ke Rawa Pening, ya! Keburu hujannya turun dan area ini kembali berubah menjadi danau, tuh!

Berita Terkait

Berita Terkini