Travel

Terlarang, Pulau Gunung Wayang Dikenal Punya Kutukan Kematian

Kira-kira kamu bakal percaya atau nggak setelah baca cerita di bawah?

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Penampakan Pulau Gunung Wayang di Kejauhan (instagram.com/udha.ari)
Penampakan Pulau Gunung Wayang di Kejauhan (instagram.com/udha.ari)

Guideku.com - Walau sebagian dari kita akan menganggapnya tidak masuk akal, namun pulau yang terletak di lepas pantai Selong Belanak, Lombok ini nyatanya dipercaya sebagai pulau yang dikutuk.

Nggak main-main, pulau kecil berbentuk segitiga yang dinamai Pulau Gunung Wayang ini disebut-sebut akan menimpakan kutukan kematian bagi siapa pun yang mengunjunginya. Hiii!

Mitos ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, dan dikisahkan secara turun-temurun oleh suku Sasak. Bukan cuma mereka, kebanyakan wisatawan yang sudah berkunjung ke sini pun juga memilih untuk menghindarinya.

Penampakan Pulau Gunung Wayang di Kejauhan (instagram.com/georgiatravelcow)
Penampakan Pulau Gunung Wayang di Kejauhan (instagram.com/georgiatravelcow)

 

Padahal, sepintas pulau ini terlihat indah layaknya destinasi wisata lainnya di Lombok. Namun, penduduk sekitar percaya kalau Gunung Wayang adalah sebuah pulau yang dikutuk dan tidak bisa sembarangan dikunjungi.

Untuk melihat dan mendekati pulau tersebut, kamu bahkan harus meminta izin pada pemangku adat suku Sasak lebih dahulu.

Pemangku adat ini kemudian akan membuat semacam ritual khusus, yang dilakukan dalam rangka meminta izin kepada para makhluk tak kasat mata yang konon menghuni Pulau Gunung Wayang.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka malapetaka pun dipercaya akan mendatangi orang yang nekat berkunjung ke sana.

Penampakan Pulau Gunung Wayang di Kejauhan (instagram.com/disini_lombok)
Penampakan Pulau Gunung Wayang di Kejauhan (instagram.com/disini_lombok)

 

Konon, pernah ada seorang peselancar yang pernah mengunjungi pulau ini tanpa izin karena rasa penasaran. Peselancar itu akhirnya meninggal, meski sebab jelasnya tidak diketahui hingga sekarang.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa Pulau Gunung Wayang adalah sebuah kerajaan gaib yang memiliki ratu dan bala tentara, sehingga wisatawan yang berkunjung akan menemui nasib naas.

Hingga kini, penduduk lokal masih meyakini bahwa Gunung Wayang adalah sebuah pulau yang dikutuk. Percaya atau tidak itu urusanmu. Namun, tidak ada salahnya berhati-hati, kan?

Berita Terkait

Berita Terkini