Travel

Menantang Nyali, Ini 4 Spot Wisata Gunung Meletus di Dunia

Awas sepatumu ikut terbakar!

Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati

Spot Wisata Gunung Meletus (Pixabay)
Spot Wisata Gunung Meletus (Pixabay)

Guideku.com - Pergi wisata gunung biasanya identik dengan mendaki ataupun menikmati udara yang segar, bukan lava panas maupun semburan erupsi yang mengerikan.

Seperti yang kita tahu sendiri, kebanyakan daerah wisata gunung berapi akan melakukan penutupan pada jalur pendakian mereka jika gunung yang bersangkutan mengalami erupsi atau dalam status waspada.

Meski demikian, hal tersebut tidak berlaku pada 4 spot wisata gunung meletus yang ada di bawah ini.

Walau bisa dibilang sebagai tempat wisata yang berbahaya, nyatanya gunung-gunung ini masih mengundang minat para wisatawan yang gemar menantang nyali mereka sendiri.

Penasaran mana saja?

1. Gunung Etna, Italia

Spot Wisata Gunung Meletus (visitsicilly.info)
Spot Wisata Gunung Meletus (visitsicilly.info)

Kalau gunung lain dihindari saat ada lava yang meleleh turun, Gunung Etna ini malah dijadikan lokasi pendakian demi melihat lava pijar.

Gunung Etna sendiri merupakan gunung berapi yang aktif dan kerap mengalami erupsi berskala kecil. Hal inilah yang membuat Gunung Etna dinyatakan aman untuk didaki.

Wisatawan bisa menggunakan kereta gantung atau mendaki menuju kawah yang berada di ketinggian 2.925 mdpl, untuk kemudian melihat lava pijar yang meleleh disertai kepulan asap vulkanik.

2. Gunung Pacaya, Guatemala

Spot Wisata Gunung Meletus (instagram.com/david_sanchez_jefeek)
Spot Wisata Gunung Meletus (instagram.com/david_sanchez_jefeek)

Kalau Gunung Etna masih kurang ekstrem, maka Gunung Pacaya akan memberimu kesempatan untuk merasakan dag-dig-dugnya wisata ekstrem.

Sejak mengalami erupsi besar di tahun 1965, gunung ini terus mengeluarkan lelehan lava pijar yang mengalir di sela-sela bebatuannya.

Dengan mendaki sampai di ketinggian 2.552 mdpl, wisatawan dapat melihat lava pijar itu dari dekat, bahkan hingga berfoto bersama atau membakar marshmallow di sana.

Duh, salah langkah sedikit saja, sepatu atau ujung celanamu bisa ikut terbakar nih!

3. Gunung Villarrica, Chile

Cetak Layar Spot Wisata Gunung Meletus (youtube.com/Jonathan Gibbs)
Cetak Layar Spot Wisata Gunung Meletus (youtube.com/Jonathan Gibbs)

Seakan masih belum cukup gila, kali ini ada Gunung Villarrica di Chile yang kerap dijadikan spot pendakian dan bungee jumping.

Yup, percaya nggak percaya, ada beberapa orang yang cukup berani menantang maut dengan cara melakukan bungee jumping dari pesawat ke atas kawah gunung berapi yang menyala-nyala ini.

Berani?

4. Gunung Batutara, Indonesia

Spot Wisata Gunung Meletus (instagram.com/nuba_within)
Spot Wisata Gunung Meletus (instagram.com/nuba_within)

Terletak di wilayah Nusa Tenggara Timur, Gunung Baturata terkenal aktif dan meletus setiap 20 menit sekali. Waduh!

Meski demikian, banyak orang yang berwisata ke sini menaiki kapal untuk melihat letusan itu dengan mata kepala sendiri sekaligus merasakan tsunami kecil yang akan mengguncang kapal.

Bahkan, ada yang rela datang dini hari agar semburan lava Gunung Baturata yang mengalir ke lautan dapat terlihat lebih jelas.

Nah, itulah 4 spot wisata gunung meletus yang walau terlihat berbahaya namun sudah dijamin keamanannya oleh para pihak pengelola. Ada yang mau coba?

Berita Terkait

Berita Terkini