Travel

Tak Cuma di Antartika, Ketemu Penguin Juga Bisa di Sini!

Hayoo, penguin nggak selalu identik dengan es, lho

Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati

Pantai Tempat Tinggal Penguin (Pixabay)
Pantai Tempat Tinggal Penguin (Pixabay)

Guideku.com - Ngaku aja, kalau menyebut hewan penguin kalian pasti ngebayangin berada di Antartika, benua es dingin nan beku tempat mereka tinggal.

Namun, selain permukaan es kutub, rupanya ada juga spesies penguin yang lebih memilih untuk tinggal di pesisir pantai yang beriklim hangat lho.

Spesies penguin yang satu ini disebut penguin Afrika, sesuai dengan tempat di mana mereka ditemukan, yaitu di Afrika Selatan.

Dengan penampilan yang mirip-mirip dengan penguin kutub, para penguin Afrika ini membangun koloni di pasir pantai dan menjadi pemandangan unik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Tempat Tinggal Penguin (Wikimedia Commons)
Pantai Tempat Tinggal Penguin (Wikimedia Commons)

Koloni penguin Afrika ini sebenarnya dapat ditemukan dari bagian selatan Namibia, tepatnya di sepanjang pesisir pantai Afrika Selatan.

Meski begitu, dua pantai yang terkenal sebagai pantai tempat tinggal penguin adalah pantai Boulders dan pantai Foxy di Cape Town.

Dikatakan, penguin-penguin ini mulai tinggal di area pesisir pantai Afrika Selatan sejak tahun 1983-an. Namun, pada saat itu sempat terjadi polusi dan perusakan habitat yang membuat jumlah mereka berkurang drastis.

Barulah setelah itu, usaha konservasi penguin Afrika dilakukan sehingga jumlahnya pada saat ini nyaris mencapai lebih dari 3.000 ekor.

Pantai Tempat Tinggal Penguin (Pixabay)
Pantai Tempat Tinggal Penguin (Pixabay)

Turis dan wisatawan yang berkunjung ke pantai tempat tinggal penguin ini diizinkan untuk berada dalam jarak dekat dan berfoto bersama mereka.

Meski begitu, ingatlah untuk tetap memberi jarak karena penguin-penguin Afrika ini rupanya memiliki paruh yang tajam.

Maka, nggak heran jika wisatawan disarankan untuk meminta informasi lebih dulu di Boulders Visitor Centre.

Uniknya lagi, waktu paling tepat untuk melihat penguin-penguin ini adalah saat musim panas, lho! Beda banget kan sama penguin di Antartika sana?

Namun, kamu tetap bisa kok melihat penguin-penguin ini sepanjang tahun.

Nah, tertarik untuk melihat penguin yang hobi bersantai di pantai ini?

Berita Terkait

Berita Terkini