Travel

Rekaman Video Amatir Tangkap Momen Badai Ali Bikin Pesawat Oleng

Konon badai Ali dapat menggulingkan sebuah karavan.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Ilustrasi (Pixabay Skeeze)
Ilustrasi (Pixabay Skeeze)

Guideku.com - Nyaris genap sebulan pasca badai Ali menghantam Inggris dan Irlandia, sebuah rekaman amatir yang menunjukkan dahsyatnya sapuan badai berkecepatan 145 kilometer per jam tersebut beredar di media sosial.

Video yang diunggah akun Youtube, Flugsnug itu menampilkan momen-momen saat pesawat FR1448/RYR75RW milik maskapai Irlandia, Ryanair disapu badai Ali kala hendak melakukan take off.

Pesawat yang didominasi warna putih itu mulanya meluncur dengan tenang di landasan pacu.

Namun beberapa menit berselang, saat hendak mengudara, badai Ali membuat pesawat itu oleng beberapa derajat. Bahkan badan pesawatnya nyaris terbawa angin.

Beruntung pesawat itu dapat menjaga keseimbangan dan melanjutkan penerbangan.

Cetak layar (Youtube Flugsnug)
Cetak layar (Youtube Flugsnug)

 

Menyikapi hal ini, Asosiasi Pilot Maskapai Penerbangan di Inggris mengungkapkan kejadian yang dialami pesawat Ryanair merupakan hal yang wajar terjadi di dunia penerbangan.

''Sepintas memang terlihat menyeramkan namun hal tersebut sebenarnya lumrah. Semua pilot dilatih untuk menerbangkan pesawat dalam beragam situasi, termasuk kala berhadapan dengan angin kencang. Dalam kasus Ryanair, sang pilot sudah berusaha sebaik mungkin agar pesawat itu tetap mengudara,'' ujar seorang juru bicara Asosiasi Pilot Maskapai Penerbangan di Inggris seperti dikutip Guideku.com dari Daily Mail.

Selaras dengan hal itu, pihak maskapai Ryanair mengkonfirmasi penerbangan yang dilakukan tanggal 19 September tersebut berhasil diteruskan tanpa ada insiden sedikit pun.

''Penerbangan dari Birmingham ke Alicante itu mengudara seperti sedia kala, terbang dan dilanjutkan tanpa ada insiden sedikit pun,'' ujar perwakilan otoritas Ryanair.

Badai Ali yang menyulut angin dengan kecepatan tinggi 145 kilometer per jam konon dapat menggulingkan sebuah karavan.

Badai yang terjadi pada medio akhir September ini tercatat menyebabkan dua orang tewas, sementara lebih dari 120 ribu rumah, serta toko padam aliran listriknya.

Tak hanya itu, badai Ali juga menyebabkan 50 penerbangan dari dan menuju Dublin terpaksa dibatalkan.

Berita Terkait

Berita Terkini