Travel

JogjaBike Resmi Diluncurkan, Pecinta Gowes Wajib Coba

Ada yang baru nih di Jogja!

Agung Pratnyawan | Amertiya Saraswati

Peluncuran JogjaBike (instagram.com/jogja.bike)
Peluncuran JogjaBike (instagram.com/jogja.bike)

Guideku.com - Wisata di kawasan Malioboro identik dengan suasananya yang padat dan ramai. Sejauh mata memandang, kamu pasti bisa melihat para turis dan wisatawan yang berjalan kaki menyusuri jalanan ikonik di Jogja ini.

Namun, per tanggal 27 Oktober lalu, Pemerintah Kota Yogyakarta menawarkan fasilitas baru bagi kamu yang menginginkan alternatif selain berjalan kaki.

Yup, meskipun baru 20 unit sepeda yang diluncurkan, sekarang Yogyakarta punya fasilitas bernama JogjaBike yang ditujukan pada para pecinta gowes.

Tak tanggung-tanggung, fasilitas JogjaBike ini disertai dengan aplikasi berbasis android sehingga membuatnya lebih mudah diakses serta kekinian.

Peluncuran JogjaBike (instagram.com/dycodex)
Peluncuran JogjaBike (instagram.com/dycodex)

 

Cara meminjam sepeda dengan aplikasi JogjaBike juga bisa dibilang sederhana.

Kamu cukup mengunduh dan menginstal aplikasi JogjaBike di ponselmu. Aplikasi inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk meminjam sepeda dengan durasi peminjaman 5 jam per orangnya.

Untuk tahap awal peluncuran, JogjaBike sendiri membagi 20 unit sepeda tadi ke empat shelter, yaitu di Loko Cafe, Mall Malioboro, Kepatihan, dan Benteng Vredeburg.

Wisatawan yang berminat cukup mendatangi salah satu shelter tersebut, kemudian membuka kunci sepeda dengan aplikasi yang ada. Setelah selesai, kamu pun tinggal mengembalikannya dan kembali mengunci sepeda dengan aplikasi tersebut.

Peluncuran JogjaBike (instagram.com/wicaksonoardhee)
Peluncuran JogjaBike (instagram.com/wicaksonoardhee)

 

Untuk sementara ini, JogjaBike memang baru bisa digunakan untuk berkeliling kawasan Malioboro mulai dari pukul 08.00 - 21.00 WIB.

Tak hanya itu, sepeda milik JogjaBike rupanya juga dipasangi GPS sehingga keberadaannya dapat dimonitor. Jadi, jangan coba-coba untuk membawa sepeda-sepeda ini kabur ya, guys!

Kabar baiknya, fasilitas JogjaBike masih gratis digunakan sampai akhir tahun ini. Jumlah sepeda di Malioboro pun akan segera ditambah, dengan target 1.000 unit sepeda pada Lebaran 2019.

Nah, tunggu apa lagi buat kamu travelers yang juga pecinta gowes? Yuk main ke Jogja dan berkunjung ke Malioboro!

Berita Terkait

Berita Terkini