Travel

Peken Nusantara, Pasar di Denpasar Belanjanya Pakai Uang Kepeng

Bali tempo dulu nih!

Dany Garjito

Destinasi Digital Peken Nusantara berlokasi di Tukad Bindu, Denpasar. (Dok: Kemenpar)
Destinasi Digital Peken Nusantara berlokasi di Tukad Bindu, Denpasar. (Dok: Kemenpar)

Guideku.com - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bali meluncurkan Destinasi Digital Peken Nusantara, Minggu (18/11/2018) yang berlokasi di wisata Tukad Bindu Denpasar.Peken Nusantara menjadi destinasi digital terbaru di Denpasar, Bali. 

Dilansir dari Suara.com, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bali meresmikan Destinasi Digital Peken Nusantara ini pada Minggu (18/11/2018), di wisata Tukad Bindu Denpasar.

Destinasi baru ini sangat strategis karena terletak di jantung Kota Denpasar. Meski begitu pengunjung tetapi bisa melepas penat melihat kesejukan alam. Anak-anak pun bisa menikmati sungai yang jernih, jauh dari perangkat modern semisal smartphone yang menyita waktu mereka.

''GenPI adalah anak muda kreatif bentukan Kementerian Pariwisata yang menjadi leading sector menciptakan destinasi digital. Peken Nusantara adalah salah satu destinasi digital yang kami inisiasi di Tukad Bindu,'' kata Juragan Peken Nusantara, Diajeng Vayantri Dewi Divianta, Sabtu (17/11/2018).

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Divi ini mengatakan, akan banyak hal seru dihadirkan pada peluncuran Peken Nusantara. Dari mulai booth kuliner tradisional Bali, art performance, permainan anak tradisional, selfie zone dan live music. Ada pula sejumlah lomba seperti lomba foto instagram dengan total hadiah Rp 50 juta, lomba mewarnai untuk anak-anak dan lainnya.

''Temanya destinasi digital. Jadi yang mau mengikuti lomba silakan datang ke destinasi digital GenPI, upload foto keseruannya. Untuk lebih jelas mengenai ketentuan lomba ini informasinya tersedia di akun Instagram GenPI Bali,'' jelasnya. 

Menariknya di Peken Nusantara, pengunjung wajib menukarkan uang dengan kepeng untuk berbelanja.

BACA JUGA: Pasar Papringan, Pasar Tradisional Unik yang Semuanya Serba Bambu

''Jika ingin mencicipi kuliner di Peken Nusantara, kita harus menukar uang kita dengan uang kepeng, baru bisa dibelanjakan,'' tutur Divi.

Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono sangat mendukung peluncuran Destinasi Digital Peken Nusantara. Menurutnya GenPI Bali mampu menghadirkan kreativitas untuk mendukung destinasi yang ada. Terlebih tadinya kawasan Tukad Bindu merupakan sungai kotor, penuh sampah dan lumpur.

GenPI Bali meluncurkan Destinasi Digital Peken Nusantara, Minggu (18/11/2018). (Dok: Kemenpar)
GenPI Bali meluncurkan Destinasi Digital Peken Nusantara, Minggu (18/11/2018). (Dok: Kemenpar)

''Ini merupakan bukti keseriusan GenPI mendukung pengembangan kepariwisataan. Terlebih destinasi digital GenPI mempunyai standar yang tinggi. Sehingga mampu bersaing dengan destinasi lainnya. Selain itu destinasi digital GenPI mampu melengkapi destinasi pariwisata yang ada didaerah tersebut,'' ujar Don.

Menpar pun mengapresiasi pencapaian GenPI Bali. Destinasi digital akan memberikan warna baru bagi pariwisata Bali. Sekaligus mendorong pengembangan perekonomian masyarakat sekitar dengan menyediakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berjualan.

Arief Yahya juga mengatakan akan memberikan manfaat ekonomi sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitar. Media value yang kini berperan penting di era digital akan otomatis menjadi milik GenPI karena GenPI lah yang telah mengorkestrasi ini semua.

SUARA.com/MN Yunita

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Peken Nusantara, Destinasi Digital Baru di Denpasar

Berita Terkait

Berita Terkini