Travel

Gaul Abis, Biksu Ini Punya Hobi Nge-DJ di Kuil Keluarganya

Menjadi biksu tak menghalangi kreativitasnya

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Asakura Gyosen, Biksu yang Hobi Nge-DJ (youtube.com/龍岸寺三哲山)
Asakura Gyosen, Biksu yang Hobi Nge-DJ (youtube.com/龍岸寺三哲山)

Guideku.com - Layaknya tempat ibadah lain, berkunjung ke kuil di Jepang identik dengan suasana yang tenang dan khusyuk. Bahkan, para tamu pun biasanya diharuskan mengikuti tata cara yang ada untuk menghormati budaya setempat.

Namun, ada yang berbeda dengan kuil Shoonji yang terletak di Fukui ini.

Alih-alih hening, pengunjung malah bisa mendengarkan pertunjukan musik techno setiap dua tahun sekali di dalam kuil bernuansa modern tersebut.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan musik live yang dilengkapi lighting aneka warna hingga menonton sang biksu menjadi DJ.

Kuil Bernuansa Modern di Jepang (youtube.com/)
Kuil Bernuansa Modern di Jepang (youtube.com/)

Meski kelihatannya tidak biasa dan menyimpang dari kebiasaan tradisional, namun ada kisah haru di balik alasan sang biksu mengelola kuil sembari menjadi DJ.

Biksu yang bernama Asakura Gyosen ini merupakan generasi ke 17 dalam keluarganya yang bertugas mewarisi kuil. Meski begitu, awalnya Asakura tidak menyukai tugas tersebut.

Tak heran, gambaran kuil di Jepang memang lekat dengan aturan-aturannya yang terlalu ketat. Maka, pada umur 20, Asakura Gyosen pun meninggalkan kuil dan memilih bekerja menjadi DJ sekaligus petugas lighting.

Namun, seiring berjalannya waktu, Asakura memahami bahwa menjadi seorang pemusik dan biksu memiliki makna yang sama. Menurutnya, kedua profesi tersebut sama-sama bertujuan untuk memperkenalkan sesuatu yang indah pada masyarakat luas.

Kuil Bernuansa Modern di Jepang (youtube.com/Asakura Gyosen)
Kuil Bernuansa Modern di Jepang (youtube.com/Asakura Gyosen)

Menyadari hal tersebut, Asakura Gyosen memilih untuk kembali ke kuil keluarganya dan melakukan perombakan total.

Apa yang tadinya berupa tradisi membosankan kini berubah menjadi sesuatu yang unik dan berkesan. Sembari membacakan teks agama Budha, Asakura akan menggunakan efek cahaya untuk mendekorasi bagian dalam kuil dan mengiringinya dengan musik techno.

Asakura sendiri berharap agar inisiatifnya ini dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke kuil. Dia berpikir bahwa kuil bernuansa modern akan lebih menarik minat kaum muda untuk mempelajari ajaran Budha.

Apakah travelers juga tertarik untuk mencoba mengunjungi kuil Shoonji dan menyaksikan pertunjukan DJ Asakura Gyosen ini?

Berita Terkait

Berita Terkini