Travel

Diamuk Pelanggan Sampai Nangis, Kisah CS di Balik Harbolnas 2018

Perjuangan para Customer Service yang mungkin pernah kamu maki-maki.

Dany Garjito

Ilustrasi customer service. (Unsplash/Elena Koycheva)
Ilustrasi customer service. (Unsplash/Elena Koycheva)

Guideku.com - Pernahkah kamu bertanya-tanya gimana sih kerja customer service (CS)? Khususnya saat Harbolnas yang super hectic kayak gini? Nah, kali ini kami akan membahas kisah perjuangan para CS di balik Harbolnas 2018

Harbolnas adalah festival belanja online terbesar di Indonesia yang diselenggarakan dari 11-12 Desember 2018.

Tingginya minat pelanggan berpartisipasi merayakan Hari Belanja Online Nasional (harbolnas) 2018, tentunya berdampak pada meningkatnya frekuensi kerja para karyawan e-commerce atau situs belanja online.

Salah satu divisi paling krusial yaitu tim customer service, yang berhubungan langsung dengan para pelanggan.

Semua situs belanja online berkomitmen penuh untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan pengalaman berbelanja online terbaik untuk masyarakat Indonesia, berusaha menyiapkan pelayanan CS terbaik sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan serta selalu mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Ilustrasi customer service. (Unsplash/Vinicius Amano)
Ilustrasi customer service. (Unsplash/Vinicius Amano)

Puluhan ribu panggilan masuk, ataupun pertanyaan lainnya melalui telepon, e-mail, Live Chat, dan Media Sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook Comment dan Live Facebook Messenger, membuat para CS harus siap mental menghadapi apapun untuk menjawab pertanyaan dari para pelanggan yang beragam. 

Dilansir dari Suara.com, agen customer service Zalora, Deasty Septiani bercerita, harbolnas adalah hari yang sibuk, mulai dari mengangkat panggilan, menyapa pelanggan, verifikasi melalui sistem untuk persamaan data, hingga menjawab pertanyaan pelanggan dilakukan dengan teliti dan penuh keramahan.

BACA JUGA: 9 Kisah Lucu Netizen Dilarang Masuk Mall atau Diremehin di Mall

''Terkadang kami dibentak-bentak oleh pelanggan yang tidak sabar, pedihnya diamuk kemarahan pelanggan, pernah sampai menangis. Tetapi, kepuasan melayani pelanggan yang merasa terbantu, terlebih saat melayani pelanggan yang sopan dan lembut, pekerjaan menjadi customer service terasa begitu menyenangkan dan memberikan kepuasan tersendiri,'' ungkap Deasty Septiani dikutip Suara.com melalui siaran pers.

Kesibukan para Customer Service menyambut Harbolnas 2018. [Suara.com/Vessy Frizona Dwirika]
Kesibukan para Customer Service menyambut Harbolnas 2018. [Suara.com/Vessy Frizona Dwirika]

Beragam cerita seru, lucu, hingga amukan dari pelanggan menjadi rangkaian kisah unik yang tidak terlupakan oleh setiap agen CS. Tetapi biar bagaimanapun sikap pelanggan entah kasar ataupun lembut, mereka berusaha melayani dengan sebaik mungkin dan penuh semangat, memberikan solusi dan informasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan

BACA JUGA: Guideku.com Bikin Bakpia di Bakpia Wong Jogja, Seru Banget Genks

Deasty menambahkan bahwa, kenyamanan pelangganlah yang terus menjadi prioritas sehingga memotivasi dia dan seluruh agen customer service  untuk memberikan pelayanan terbaik dengan setulus hati. 

Ole Daniel Nitter, selaku Director of Operation ZALORA Indonesia juga mengatakan, perusahaanya mulai merekrut dan memberikan pelatihan agen-agen CS baru dari September, dan saat ini kapasitasnya mencapai 6 kali lipat dari kapasitas di hari biasa.

Tuh genks kisah perjuangan para Customer Services di balik Harbolnas 2018. Jangan suka dimarahin deh! Hehe.

SUARA.com/Vessy Dwirika Frizona

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Begini Kerja Keras Para CS di Balik Semarak Harbolnas 2018

Berita Terkait

Berita Terkini