Travel

Meniti Pamir Highway, Jalur Road Trip Paling Ekstrem di Dunia

Hanya petualang sejati yang bisa menaklukkannya

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Pamir Highway (Unsplash/t_lipke)
Pamir Highway (Unsplash/t_lipke)

Guideku.com - Dari semua jalur road trip yang ada di dunia, barangkali Pamir Highway yang membentang sepanjang 1.200 km antara Kyrgyzstan dan Tajikistan adalah yang terekstrem. Di sinilah jiwa petualangmu yang sesungguhnya akan diuji.

Seperti namanya, Pamir Highway terletak di sepanjang pegunungan Pamir yang berada di ketinggian lebih dari 7.000 mdpl. Tak heran, tempat ini pun dikenal sebagai Bam-i-Dunya atau Atap Dunia.

Melintasi Pamir Highway, travelers akan dihadapkan dengan medan yang sempit, terjal, dan jalanan yang berbatasan langsung dengan tebing batu.

Belum lagi, terdapat risiko terjadinya tanah longsor, gempa bumi, dan batuan runtuh sehingga travelers harus ekstra hati-hati.

Pamir Highway (Google Maps/Pamir Highway Adventure)
Pamir Highway (Google Maps/Pamir Highway Adventure)

 

Seakan belum cukup, di sini travelers juga akan berhadapan langsung dengan alam liar yang ada. Mulai dari hamparan gurun pasir hingga puncak pegunungan bersalju, semua ada di Pamir Highway.

Layaknya alam liar lain, tempat ini pun juga dihuni oleh sekumpulan macan tutul salju dan kambing bertanduk spiral.

Sudah terasa cukup menantang belum, nih?

Pamir Highway (Google Maps/Pamir Highway Adventure)
Pamir Highway (Google Maps/Pamir Highway Adventure)

 

Meski begitu, tentu saja para penggemar road trip tidak datang kemari karena bermaksud menantang maut semata. Di balik tantangan yang ada, sang Atap Dunia rupanya terkenal akan keindahan pemandangannya.

Di sini, travelers bisa melihat indahnya panorama danau yang berwarna turquoise, puncak-puncak pegunungan yang seolah tak ada habisnya, hingga reruntuhan benteng yang pernah digunakan para pedagang Jalur Sutera di zaman dulu.

Dijamin, travelers sejati pasti akan puas dengan banyaknya panorama alam yang ditawarkan oleh Pamir Highway ini.

Kamu berani coba meniti Atap Dunia di sini?

Berita Terkait

Berita Terkini