Travel

Big Boy, Kereta Uap Terbesar di Dunia Kembali Beroperasi di AS

Lunas sudah penantian panjang para pecinta kereta uap.

Galih Priatmojo | Aditya Prasanda

(Wikimedia Commons Morven)
(Wikimedia Commons Morven)

Guideku.com - Setelah enam dekade berlalu, kereta uap terbesar di dunia, Big Boy akhirnya kembali beroperasi dan menyisir rel untuk pertama kalinya sejak dipensiunkan pada tahun 1961.

Butuh waktu sekitar 2,5 tahun untuk merestorasi lokomotif berbobot 600 ton ini.

Big Boy dengan mesin No. 4014 ini memulai perjalanan pertamanya pada Jumat (26/7) pukul 8 pagi waktu setempat.

Sesaat meninggalkan stasiun Butler di Wisconsin, Amerika Serikat, dengan rute perjalanan menuju Chicago, Big Boy memulai babak baru sekaligus menandai peringatan 150 tahun pembangunan Transcontinental Railroad pada tahun 1869.

Kembali beroperasinya kereta uap terbesar di dunia ini membuat tak sedikit orang turut bungah merasakan kebahagiaan yang sama, beberapa dari mereka bahkan mengaku begitu emosional sebab tak kuasa menahan haru melihat lokomotif kembali menyisir rel.

"Kembalinya Big Boy membawa pengalaman emosional tersendiri bagi kami, sebab tak sedikit yang senang melihat lokomotif ini beroperasi," ujar Ed Dickens, salah satu anggota operator kereta di AS, Union Pacific yang turut merestorasi kereta uap, Big Boy, seperti dikutip Suara.com dari WEAU.

Selanjutnya, otoritas Union Pacific berjanji akan mengunggah jadwal resmi kereta uap terbesar di dunia ini melalui akun Twitter resmi mereka.

Berita Terkini