Travel

Topi Berventilasi Jadi Solusi Atasi Gelombang Panas di Jepang

Wow.

Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda

Suasana tenang di Kyoto, Jepang. (Unsplash/Sorasak)
Suasana tenang di Kyoto, Jepang. (Unsplash/Sorasak)

Guideku.com - Serangan gelombang panas yang melanda sejumlah negara, tak terkecuali Jepang membuat Builmatel, perusahaan topi di negara tersebut merancang topi khusus anti panas.

Uniknya, topi yang disebut sebagai Airpeak ini didesain serupa topi baseball dengan tambahan fitur ventilasi yang memungkinkan panas menguap melalui celah lubang angin pada topi.

Ventilasi pada Airpeak disebut dapat mengurangi 30 persen kelembaban dalam topi. Fitur ini juga memungkinkan suhu maksimum di kepala terpangkas hingga 13,6 derajat Celcius dibandingkan topi baseball pada umumnya.

''Saat mengenakan Airpeak, angin akan melintasi ventilasi pada topi, seketika kepala saya terasa sejuk meski masih mengenakannya. Berbeda halnya ketika mengenakan topi biasa, kepala akan terasa dingin jika kita melepas topi,'' ujar Tomotsune Inoue, seorang pekerja yang mencoba topi anti panas Airpeak seperti dikutip Suara.com dari AP.

Sementara itu, Ryushiro Shirai, Senior Managing Director Builmatel Corporation, optimis topi rancangan mereka akan laku keras menjelang perayaan Olimpiade 2020.

''Pada Olimpiade tahun depan, Jepang akan dibanjiri wisatawan dari berbagai negara, dan belum ada satu pun produk yang mengentaskan persoalan tentang panas. Ini peluang besar bagi kami,'' tandas Shirai.

(Instagram Airpeak)
(Instagram Airpeak)

 

Hmmm, tertarik mencoba topi anti panas?

Berita Terkait

Berita Terkini