Travel

Alternatif Transportasi Mudah Menuju Makam Raja-raja Mataram di Kotagede

Bingung pengen liburan ke Makam Raja-raja Kotagede naik apa? Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Makam Raja-raja Mataram Kotagede. (Guideku/Arendya)
Makam Raja-raja Mataram Kotagede. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Yogyakarta tak hanya menyimpan destinasi wisata budaya saja. Buktinya terdapat satu wisata ziarah yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan berada di kawasan Kotagede.

Inilah dia Makam Raja-raja Mataram yang menjadi salah satu situs dan juga objek wisata ziarah populer di Kotagede. Tak sedikit wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari berbagai daerah demi melakukan wisata ziarah di sini.

Namun ada pula yang hanya sengaja memasuki area luar makam untuk sekadar berfoto-foto karena gerbang Makam Raja-raja Mataram ini terbilang sangat artistik.

Jika berminat mengunjungi Makam Raja-raja Mataram, berikut Guideku.com berikan rekomendasi alternatif transportasinya untuk Anda.

1. Becak

Transportasi di Kawasan Malioboro dan Benteng Vredeburg (Guideku.com/Amertiya)
Becak (Guideku.com/Amertiya)

 

Jika menginap di kawasan Kotagede, Anda juga bisa menuju ke Makam-makam Raja Mataram sambil naik becak. Di kawasan Kotagede ini terdapat banyak sekali tukang becak terutama dekat Pasar Tradisional Kotagede.

Sepanjang perjalanan Anda dapat melihat bangunan-bangunan kuno dan klasik di seputaran Kotagede lho, asyik banget kan?

2. Delman, kereta kuda atau andong

Ilustrasi andong. (YouTube/Farrel & Feli)
Ilustrasi andong. (YouTube/Farrel & Feli)

 

Tak kalah unik, buat Anda yang mungkin pergi lebih dari dua orang dan tetap ingin pergi ke Makam Raja-raja Mataram dengan cara unik, bisa memilih untuk naik andong.

Andong alias kereta kuda ini biasanya dapat dengan mudah ditemui di sekitar Pasar Tradisional Kotagede lho.

Jadi usai puas belanja oleh-oleh perak Anda bisa minta tolong kepada pak kusir untuk mengantar travelers menuju Makam Raja-raja Mataram.

3. Menggunakan alat transportasi pribadi atau online

Jarak Makam Raja-raja Mataram di Kotagede ini kurang lebih sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Dari Malioboro, jika Anda membawa kendaraan pribadi bisa menuju ke arah selatan menuju Jalan Sosrokusuman sejauh 400 meter.

Setelah itu, Anda bisa berbelok ke kiri memasuki Jalan Suryatmajan dan berjalan sejauh 400 meter sampai dengan memasuki Jalan Bausasran kemudian berbelok ke kanan menuju Jalan Letkol Subadri.

Nantinya setelah memasuki Jalan Mondrokan, travelers bisa mengarahkan kendaraan ke kanan sejauh 190 meter kemudian berbelok ke kiri menyusuri Jalan Masjid Besar Mataram.

Nah, di sinilah letak dari Makam-makam Raja Mataram. Atau jika ingin lebih praktis Anda juga bisa menggunakan transportasi online travelers.

Berita Terkait

Berita Terkini