Travel

Mau Wisata Sejarah di Monumen Jogja Kembali, Berikut Rutenya

Agar tidak bingung, catat rute dan transportasi mudah menuju Monumen Jogja Kembali ini, ya.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)
Monumen Jogja Kembali (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Selain Tugu Pal Putih, salah satu bangunan ikonik lain yang dapat dijumpai saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Monumen Jogja Kembali.

Berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Monumen Jogja Kembali merupakan destinasi wisata yang tergolong mudah ditemukan.

Pasalnya, bangunan Monumen Jogja Kembali (Monjali) yang berbentuk putih kerucut ini berlokasi tepat di tepi jalan raya. Tak hanya itu, Monumen Jogja Kembali juga dilengkapi lahan parkir yang luas untuk bus dan kendaraan pribadi.

Monumen Jogja Kembali sendiri adalah museum sekaligus monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, khususnya di Yogyakarta.

Bagi Anda yang berminat wisata sejarah sekaligus berfoto-foto dengan monumen ikonik ini, yuk simak transportasi dan rute menuju Monumen Jogja Kembali berikut.

1. Trans Jogja

Ilustrasi Trans Jogja. (Guideku/Arendya)
Ilustrasi Trans Jogja. (Guideku/Arendya)

Monumen Jogja Kembali memiliki lokasi yang berdekatan dengan halte Trans Jogja Monjali 1. Dari halte bus, wisatawan cukup berjalan kaki saja.

Untuk mencapai halte Monjali 1, ada tiga jalur Trans Jogja yang bisa digunakan. Ketiga jalur tersebut adalah 2A, 2B, dan 5B.

2. Kendaraan pribadi

Alternatif lainnya untuk mencapai Monumen Jogja Kembali adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dari Tugu Jogja, travelers cukup lurus ke arah utara hingga mencapai perempatan Jl. Ring Road Utara.

Setelah itu, travelers perlu mengambil arah kiri dan memasuki Jl. Ring Road Utara, kemudian mengemudi hingga menemukan jalur untuk putar balik di depan McDonalds Jombor.

Dari sana, travelers tinggal mengemudi menuju Monumen Jogja Kembali yang terletak di sisi kiri Ring Road Utara.

Berita Terkait

Berita Terkini