Travel

3 Tips Mudah Sebelum Berendam di Onsen Bagi yang Punya Tato

Bagi yang bertato dan ingin berendam di Onsen, tidak perlu khawatir.

Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti

Ilustrasi Tato. (pixabay.com/13183393)
Ilustrasi Tato. (pixabay.com/13183393)

Guideku.com - Sudah bukan rahasia lagi jika ada peraturan bagi yang ingin berendam di kolam air panas tradisional Jepang. Satu diantaranya, adalah tidak boleh memilki tato.

Lalu bagaimana bagi anda yang ingin menjajal sensasi berendam di Onsen? Mari simak tips dibawah sebelum anda memutuskan untuk mengubur keinginan mandi di Onsen karena memiliki tato.

Dilansir Guideku.com dari laman Ganjipot, Sabtu (11/1/2020), larangan berendam di Onsen bagi mereka yang bertato merupakan peraturan tidak tertulis yang masih dilakukan hingga saat ini.

Menilik tato punya sejarah kelam di Jepang; tato digunakan sebagai simbol hukuman bagi orang yang melakukan kejahatan berat.

Ilustrasi Onsen. (pixabay.com/julienlstark)
Ilustrasi Onsen. (pixabay.com/julienlstark)

Meskipun saat ini makna tato sudah bergeser, hal ini tidak berlaku bagi peraturan untuk Onsen. Penyedia Onsen masih mematuhi larangan berendam bagi yang memiliki tato di sekujur tubuhnya.

Meskipun begitu, masih ada beberapa tips yang bisa dicoba bagi anda yang memilki tato. Berikut tipsnya:

Tutup Tato dengan Plester Luka atau Handuk

Bagi anda yang memiliki tato yang berukuran kecil, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menutupi tato dengan plester luka atau handuk kecil yang nanti akan diberikan saat di Onsen.

Bersandar di Tembok

Jika anda memiliki tato cukup ukuran sedang di bagian belakang, anda bisa memilih spot berendam dekat dinding, sehingga anda bisa menutupi tato dengan bersandar pada dinding.

Berendam di Kashikiri-Buro

Kashikiri-Buro atau kolam pribadi, biasanya disediakan oleh penyedia Onsen skala besar dan beberapa ryokan (penginapan Jepang).

Berkunjung di Onsen yang Ramah Tato

Tidak semua Onsen di Jepang memberlakukan larangan tato. Berikut daftar Onsen yang memperbolehkan pemilik tato untuk berendam:

1. Hoheikyo Onsen
2. Hoshino Resort
3. Jakotsu-yu
4. Kin-no-yu Onsen
5. Shima Onsen Kashiwaya Ryokan
6. Takaragawa Onsen

Nah, sekarang tidak perlu khawatir lagi bagi anda yang bertato dan ingin menikmati Onsen. Karena tato bukan halangan untuk liburan di Jepang!

Berita Terkait

Berita Terkini