Travel

4 Fakta Menarik Kota Wuhan, Tempat Bermulanya Virus Corona!

Kota Wuhan rupanya memiliki beragam destinasi wisata menarik, misalnya Yellow Crane Tower.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Wuhan, kota metropolitan di China. (Pixabay/@petrick_l)
Wuhan, kota metropolitan di China. (Pixabay/@petrick_l)

Guideku.com - Belakangan, Kota Wuhan yang berlokasi di China mendadak jadi sorotan dunia. Bukan tanpa alasan, Kota Wuhan baru-baru diketahui menjadi tempat awal mula merebaknya virus corona.

Dikutip Guideku.com dari laman World of Buzz, 17 orang dinyatakan meninggal dunia akibat terjangkit virus corona mematikan ini. Terbaru, Pemerintah Pusat China diketahui tengah menangani 571 kasus virus corona.

Lalu, sebenarnya seperti apa dan adakah hal menarik di Kota Wuhan ini selain menjadi tempat bermulanya virus corona? Berikut Guideku.com rangkum 4 fakta menarik Kota Wuhan dari berbagai sumber, Kamis (23/1/2020).

1. Kota metropolitan yang dibangun di sepanjang Sungai Yangtze

 Wuhan Yangtze River Bridge. (Pixabay/@inthesky)
Wuhan Yangtze River Bridge. (Pixabay/@inthesky)

 

Kota Wuhan dibangun di tempat yang begitu spesial dan dibanggakan oleh masyarakat China, yakni Sungai Yangtze. Sungai itu diyakini sebagai sungai terpanjang di dunia nomor tiga setelah Amazon dan Nil.

Kota Wuhan sendiri sebenarnya juga merupakan gabungan dari tiga wilayah, yakni Wuchan dan Hanyang. Wilayah lain yang tak lama kemudian ikut bergabung bersama ialah Hankou.

2. Dikenal memiliki destinasi wisata dengan arsitektur megah dan menarik

Salah satu destinasi wisata Yellow Crane Tower di Wuhan. (Pixabay/@Lincl)
Salah satu destinasi wisata Yellow Crane Tower di Wuhan. (Pixabay/@Lincl)

 

Dikutip Guideku.com dari laman China.org.cn, rupanya Kota Wuhan dikenal memiliki banyak destinasi wisata dengan arsitekturnya yang megah dan menarik.

Beberapa di antaranya yang kerap disambangi oleh wisatawan yakni Yellow Crane Tower, Guiyuan Temple, Mulan Mountain dan Wuhan Yangtze River Bridge.

Selain itu, oleh-oleh yang paling populer di Kota Wuhan dan kerap dibawa pulang oleh wisatawan adalah patung giok, Jiangling dan bunga sutra.

3. Memiliki perguruan tinggi terkemuka dengan kualitas unggul

Asrama Wuhan University. (Pixabay/@liaxin)
Asrama Wuhan University. (Pixabay/@liaxin)

 

Selain dikenal sebagai wilayah padat penduduk, Kota Wuhan juga terkenal memiliki 52 perguruan tinggi unggulan.

Beberapa di antaranya yakni Wuhan University, Wuhan University of Technology, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak heran, jika banyak siswa dari berbagai belahan dunia yang rela menempuh pendidikan ke beberapa perguruan tinggi di Kota Wuhan.

4. Kota terbesar nomor 42 di dunia

Wuhan, kota metropolitan di China. (Pixabay/@petrick_l)
Wuhan, kota metropolitan di China. (Pixabay/@petrick_l)

 

Usut punya usut, ternyata luas Kota Wuhan ini melebihi Washington D.C, Amerika Serikat.

Kota Wuhan juga dikenal sebagai wilayah dengan perkembangan ekonomi serta teknologi yang begitu pesat. Banyak orang dari berbagai negara setiap harinya datang dan pergi meninggalkan Kota Wuhan untuk berwisata hingga berbisnis.

Hal inilah yang kemungkinan besar juga menjadi penyebab tersebarnya virus corona di berbagai negara. Ya, mereka yang mengunjungi Kota Wuhan membawa virus corona tersebut saat kembali ke tempat asal.

Terlebih, Bandara Internasional Wuhan sejak tahun 2016 telah menangani lebih dari puluhan juta penumpang dan penerbangan langsung menuju kota besar di berbagai belahan dunia.

Sampai saat ini, Komisi Kesehatan Nasional China terus menghimbau para wisatawan untuk sementara waktu meninggalkan Kota Wuhan.

Sebaliknya, mereka juga meminta penduduk Kota Wuhan untuk tidak meninggalkan kota sementara waktu

Nah, itu dia tadi 4 fakta menarik Kota Wuhan versi Guideku.com. Duh, semoga virus corona ini segera mereda dan Kota Wuhan dapat kembali dikunjungi wisatawan, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini