Kisah Arca Ganesha 'Pulang' ke Dukuh Majenang Sragen Karena Kejadian Mistis

Arca itu dianggap menjadi bukti cikal bakal sejarah Dukuh Majenang.

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 27 Januari 2020 | 12:54 WIB
Warga Majenang, Sukodono, Sragen, mengangkat Arca Ganesha ke dalam truk di kompleks Kantor Disdikbud Sragen, Sabtu (25/1/2020). (Solopos/Tri Rahayu)

Warga Majenang, Sukodono, Sragen, mengangkat Arca Ganesha ke dalam truk di kompleks Kantor Disdikbud Sragen, Sabtu (25/1/2020). (Solopos/Tri Rahayu)

Guideku.com - Sebuah Arca Ganesha yang berada di tritisan Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sragen, Jawa Tengah, dikembalikan ke kebun milik warga di Dukuh Majenang. Alasannya: banyak kejadian mistis.

Arca Ganesha setinggi kurang lebih 1,5 meter itu diyakini masyarakat Dukuh Majenang sebagai Rara Udhu yang disabda wali menjadi arca. Arca itu dianggap menjadi bukti cikal bakal sejarah Dukuh Majenang.

Arca tersebut semula berada di lahan milik Sugeng Riyadi, kemudian diambil pegawai Disdikbud Sragen pada 2018 lalu. Warga Dukuh Mejanang mendatangi kantor Disdikbud Sragen membawa katrol.

Baca Juga: Turis China Lolos Pemeriksaan, Padahal Masa Inkubasi Virus Corona 14 Hari

Mereka berasal dari kalangan pemuda, tokoh masyarakat, dan tokoh pondok pesantren An-Naim Aji Saka Majenang. Seorang kiai ponpes tersebut, Kiai Sapari, memimpin doa sebelum arca diangkat bersama-sama.

Setelah berdoa, warga beramai-ramai mengangkat arca itu dan dinaikan ke dalam truk menggunakan katrol. Proses pengambilan arca tersebut disaksikan Kabid Kebudayaan Disdikbud Sragen Agus Endarto.

Ketua RT 016 Majenang, Sono Sutrisno, saat ditemui Solopos.com--jaringan Suara.com--di sela-sela pengambilan arca, Sabtu, mengatakan, warga di lingkungan RT 016 sepakat mengambil arca di Disdikbud untuk dikembalikan ke Majenang.

Baca Juga: Liburan Sambil Galang Dana, Raline Shah Daki Gunung Kilimanjaro

Sono Sutrisno mengatakan, warga secara swadaya sudah menyiapkan tempat yang representatif untuk tempat Arca Ganesha tersebut. Pengambilan arca itu diizinkan pemangku kepentingan di Disdikbud Sragen dan atas sepengetahuan dari Pemerintah Desa Majenang serta Pemerintah Kecamatan Sukodono.

Arca Ganesha itu diambil lantaran banyak peristiwa ganjil sejak dipindahkan dari lahan Sugeng Riyadi. Almarhum ayah Sugeng Riyadi meninggal digigit ular.

“Arca itu diambil kembali karena banyak peristiwa ganjil yang terjadi sejak arca itu dipindahkan ke Disdikbud ini. Bapaknya Mas Sugeng Riyadi, yakni Mariyo almarhum itu meninggal karena digigit ular sampai empat kali di lokasi kebunnya yang dulu menjadi tempat arca itu berada. Setelah dipatuk ular itu selang dua pekan meninggal dunia,” terang Sono Sutrisno.

Baca Juga: CEK FAKTA: Video Anak Disuapi Sop Berudu Terjangkit Virus Corona?

Tak sampai di situ saja, beberapa waktu kemudian Sugeng Riyadi mengalami kecelakaan. Sampai akhirnya sang istri kesurupan hendak membunuhnya.

“Setelah itu ada kecelakaan yang menimpa Sugeng Riyadi sendiri. Bahkan istrinya seperti kesurupan dan hendak membunuh sugeng sendiri. Atas kejadian ganjil itu kemudian dikaitkan dengan pemindahan arca itu. Masyarakat bersepakat supaya arca itu dikembalikan,” ujar Sono Sutrisno.

Sugeng Riyadi, 44, saat dimintai konfirmasi Solopos.com membenarkan peristiwa yang dialami keluarganya. Dia mengatakan warga bergotong-royong menyiapkan tempat berukuran 4 m2 di lahan miliknya.

Baca Juga: Mau Pantau Penyebaran Virus Corona? Cek di Sini

Tempat itu, kata dia, secara bertahap akan dibuatkan rumah-rumahan.

Solopos.com/Tri Rahayu

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak