Asyik! Urus Paspor di Jogja Bakal Bisa Dilakukan di Kampus dan Mal

"UKK akan melayani pemberian dokumen keimigrasian, baik paspor maupun izin tinggal. Kedua, bisa mengawasi orang asing di wilayah UKK tersebut," katanya.

Dany Garjito
Senin, 27 Januari 2020 | 13:39 WIB
Ilustrasi paspor. (Unplash/Agus Dietrich)

Ilustrasi paspor. (Unplash/Agus Dietrich)

Guideku.com - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Yogyakarta berupaya meningkatkan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. Teranyar, lembaga yang berada dalam naungan Kanwil Kemenkumham DIY ini memperluas lingkup pelayanan sampai ke kampus dan pusat perbelanjaan alias mal.

Kepala Kanim Kelas I TPI Yogyakarta Umar Dani mengatakan, Kanim telah bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam memberikan kemudahan pelayanan keimigrasian bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti asing.

Dalam kerjasama yang dikukuhkan dengan perjanjian itu, diatur perihal pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi UGM, menjadi perpanjangan dari Kanim Yogyakarta sebagai induk.

Baca Juga: Kisah Arca Ganesha 'Pulang' ke Dukuh Majenang Sragen Karena Kejadian Mistis

"UKK akan melayani pemberian dokumen keimigrasian, baik paspor maupun izin tinggal. Kedua, bisa mengawasi orang asing di wilayah UKK tersebut," kata dia, di sela peringatan Hari Bhakti ke-70, di Kantor Imigrasi, Sleman, DIY, Senin (27/1/2020).

Selain di kampus, Kanim juga menjajaki kerja sama dengan sejumlah pusat perbelanjaan di DIY untuk membangun UKK serupa, misalnya dengan Lippo Mall Yogyakarta.

Langkah optimalisasi pelayanan bagi masyarakat ini juga dilakukan dengan cara memindahkan pelayanan keimigrasian berupa pengawasan dan pemeriksaan keimigrasian terhadap lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia, melalui Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport, YIA).

Baca Juga: Pesawat dari Wuhan China Tiba di Bali, Bandara Ngurah Rai Beri Penjelasan

"Kanim Yogyakarta akan menambah jumlah perangkat, jaringan, sarana dan prasarana, serta petugas pemeriksa keimigrasian. Kami sudah mengajukan penambahan sumber daya manusia, ke pemerintah pusat," ungkap Umar.

Kontributor: Uli Febriarni

SuaraJogja.id/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Baca Juga: Hindari Scanning Virus Corona, Turis China Ngamuk Bikin Geger Bandara

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak