Travel

Selain Batik Air, 4 Maskapai Ini Juga Dukung Misi Kemanusiaan Virus Corona

Mulia, maskapai-maskapai ini sukses membantu evakuasi ratusan orang yang terisolasi di Wuhan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Mengemban Misi Kemanusiaan, Semua Awak Pesawat Batik Air Dikarantina. (Dok. Batik Air)
Mengemban Misi Kemanusiaan, Semua Awak Pesawat Batik Air Dikarantina. (Dok. Batik Air)

Guideku.com - Belum lama ini, Indonesia telah berhasil melakukan evakuasi WNI yang terisolir di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, akibat wabah virus Corona.

Total, ada 270 WNI yang berhasil dipulangkan dari Wuhan dengan menggunakan pesawat Batik Air Airbus 330-300 registrasi PK-LDY tersebut.

Usai mengevakuasi WNI dari Kota Wuhan, para awak pesawat pun turut mengikuti karantina dalam rangka penanganan virus Corona.

Sementara, pesawat Airbus 330-300 tersebut harus menjalani pembersihan, sterilisasi, dan perawatan berkala selama beberapa hari.

Berkat jasa mereka dalam misi kemanusiaan ini, kru maskapai Batik Air yang menjemput dan mengantar pulang WNI di Wuhan ramai mendapat pujian. Netizen pun menjuluki mereka pahlawan tanpa jubah.

Selain Batik Air, beberapa maskapai lain di dunia ternyata juga dikirim untuk membantu evakuasi warga negara mereka dari China. Dilansir dari berbagai sumber, berikut maskapai yang turut menjalani misi kemanusiaan di Wuhan.

1. Air New Zealand

Air New Zealand (Pixabay/NBNB_NZ)
Air New Zealand (Pixabay/NBNB_NZ)

Maskapai asal Selandia Baru ini berangkat dari Wuhan dengan membawa 193 penumpang yang berasal dari berbagai kewarganegaraan.

Total, ada 98 orang warga negara Selandia Baru, 35 warga Australia, 70 warga negara-negara Pasifik, dan juga turis lain dari Inggris, Belanda, hingga Uzbekistan.

Nantinya, para warga negara Selandia Baru dan negara-negara Pasifik akan dikarantina di pangkalan militer Whangaparaoa di Auckland, sementara warga Australia akan langsung dipulangkan.

2. Air India

Maskapai Air India (Wikimedia Commons)
Maskapai Air India (Wikimedia Commons)

India juga telah melakukan evakuasi warga negara mereka dari Wuhan, China. Total terdapat 324 warga negara India yang dievakuasi.

Pesawat Air India yang digunakan adalah tipe Boeing 747. Setelah dievakuasi, mereka pun dikarantina di dekat kota Delhi.

Sementara, perwakilan Air India menyatakan bahwa ada kemungkinan mereka kembali mengirimkan pesawat untuk mengevakuasi warga India yang tersisa di Wuhan.

3. ANA

Maskapai ANA (Wikimedia Commons)
Maskapai ANA (Wikimedia Commons)

Jepang mengevakuasi warga mereka yang tinggal di Wuhan dengan menggunakan maskapai ANA (All Nippon Airways) pada akhir Januari lalu.

Total, ada 206 warga negara Jepang yang sudah berhasil dievakuasi. Sebanyak 12 di antaranya dirawat di rumah sakit karena menunjukkan gejala virus Corona.

Sementara, sebanyak 440 warga Jepang lainnya dikabarkan masih menunggu di Wuhan dan menunggu penerbangan berikutnya untuk menjemput mereka.

4. Xiamen Airlines

Maskapai Xiamen Airlines (Wikimedia Commons)
Maskapai Xiamen Airlines (Wikimedia Commons)

Tak cuma evakuasi dari Kota Wuhan, banyak pula turis China yang terjebak di negara lain dan tidak bisa pulang karena akses ke negara mereka dibatasi.

Demi membawa turis-turis ini pulang sebelum visa mereka habis, China pun mengirim pesawat milik Xiamen Airlines untuk menjemput 117 warga negara China di Bangkok.

Tak hanya itu, Xiamen Airlines juga akan menjemput 100 orang warga negara China yang masih terjebak di Kota Kinabalu, Malaysia.

Berita Terkait

Berita Terkini