Gara-Gara Wabah Covid-19, Perempuan Asia Ini Kena Diskriminasi di Pesawat

Tori Vo harus merasakan pengalaman tak menyenangkan di pesawat karena dia keturunan Asia.

Yasinta Rahmawati | Fitri Asta Pramesti
Minggu, 23 Februari 2020 | 09:00 WIB
Ilustrasi Penumpang Pesawat Wanita (Pexels/Tim Gouw)

Ilustrasi Penumpang Pesawat Wanita (Pexels/Tim Gouw)

Guideku.com - Virus corona baru atau Covid-19 yang notabene berawal dari wilayah Asia membuat para warga Asia kini mendapatkan perlakukan kurang menyenangkan.

Tak hanya warga Asia yang memang tinggal di negara-negara Asia, namun juga orang keturunan Asia yang tinggal di negara luar Asia, harus mengalami diskriminasi dikarenakan ketakutan orang-orang akan virus corona.

Seperti yang terjadi pada perempuan Asia yang tinggal di Amerika ini. Dirinya merasa terluka lantaran mendapatkan pelayanan buruk saat berada di sebuah pesawat.

Baca Juga: Waduh, Pria Ini Disangka Teroris Gara-Gara Mencukur Jenggot di Pesawat

Dirangkum dari World of Buzz, Sabtu (22/2/2020), seorang perempuan Asia bernama Tori Vo harus mengalami penerbangan buruk saat akan bertolak ke Mexico untuk kunjungan kerja.

Melalui akun Facebook pribadinya, Tori membagikan pengalaman yang membuatnya cukup kapok untuk pergi ke luar negeri di masa-masa masih mewabahnya virus corona seperti saat ini.

Perempuan Asia Terkena Diskrimasi di Pesawat karena Corona. (facebook.com/Tori Vo)
Perempuan Asia Terkena Diskrimasi di Pesawat karena Corona. (facebook.com/Tori Vo)

Dikatan Tori, perilaku diskriminasi sudah ia rasakan sejak ia berada di pos check in. Petugas pemeriksa saat itu, melontarkan pertanyaan apakah Tori pernah berkunjung ke China. Tak percaya dengan jawaban Tori, petugaas pemeriksaan itu pun memeriksa halaman per halaman paspor Tori.

Baca Juga: Terlalu Takut Virus Corona, Penumpang Ini Naik Pesawat Dibungkus Plastik

Awalnya, Tori merasa maklum mengingat di masa-masa seperti ini, wajar jika keamanan ditingkatkan untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Selepas dari pos check ini, Tori harus membesarkan hati karena ia sempat tidak diperbolehkan untuk masuk ke pesawat meskipun petugas pemeriksa sudah menyatakan ia bisa masuk.

Ternyata, Tori diharuskan untuk melewati satu proses pemeriksaan lagi. Di sana, petugas bandara memeriksa badan, isi tas, hingga kopernya, sebelum diperbolehkan masuk ke kabin pesawat.

Baca Juga: Video Lansia Suapi Istrinya Bikin Terharu, Keduanya Kena Virus Corona

Namun perlakuan tidak nyaman yang dirasakan Tori tak lantas berhenti sampai di situ. Saat masuk ke kabin, diskriminasi yang dirasakan Tori semakin menjadi-jadi.

Perempuan Asia Terkena Diskrimasi di Pesawat karena Corona. (facebook.com/Tori Vo)
Perempuan Asia Terkena Diskrimasi di Pesawat karena Corona. (facebook.com/Tori Vo)

Kru kabin memindah tempat duduk Tori dari kursi 1A ke 12A. Selain itu, dia juga merasa kru tidak memberikan pelayanan yang baik kepadanya.

"Aku pasti tidak terlihat karena kru kabin yang membawa makanan dan minuman tanpa sengaja melewatiku. Saat aku minta air, mereka menjatuhkan botol di kursi sebelahku tanpa menatapku dan berucap satu patah kata pun," tulis Tori.

"Diskriminasi terhadap orang Asia bukanlah salah satu tindakan melawan virus corona. Itu hanya memicu epidemi terbesar: Rasisme," imbuh Tori.

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak