Pernah Jadi Desa Wisata Terbaik ASEAN, Ini Kecenya Nglanggeran Gunung Kidul

Wisata Desa Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, banyak diburu wisatawan lho

Silfa Humairah
Selasa, 03 Maret 2020 | 07:43 WIB
Pemandangan sawah di sekitar Air Terjun Kidung Kandang. (Guideku/Silfa Humairah)

Pemandangan sawah di sekitar Air Terjun Kidung Kandang. (Guideku/Silfa Humairah)

Guideku.com - Pernah Jadi Desa Wisata Terbaik ASEAN, Ini Kecenya Nglanggeran Gunung Kidul

Dikenal dengan panorama indah pegunungan batu yang konon berasal dari gunung api purba yang aktif ribuan tahun lalu. Wisata Desa Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, banyak diburu wisatawan untuk menikmati suasana ketinggian, bentangan alam persawahan hingga air terjun.

Jangan datang kesorean, karena bakal menyesal belum sempat banyak menjelajah. Ingat, kawasan ini masih sangat sakral hingga tidak banyak dihuni penduduk dan cukup sepi, jadi jangan sampai kemalaman dan Anda masih dalam hutan.

Baca Juga: Bawa Tempat Minum Super Mini, Netizen: Balikin Dot Ponakan Gue!

Desa Wisata Nglanggeran merupakan salah satu Desa Wisata Terbaik ASEAN pada 2018, tetap menjaga tradisi dan keindahan desanya, apa aja sih yang bisa travelers lakukan saat berada di Desa Nglanggeran? Berikut Guideku.com rangkum 4 destinasi surgawi dan fakta yang belum banyak diketahui lho:

1. Kampung Pitu

Kampung Pitu. (Guideku/Silfa Humairah)
Kampung Pitu. (Guideku/Silfa Humairah)

Selain destinasi wisata yang mumpuni, tak jauh dari Ngalenggaran ada suatu wilayah yang sampai saat ini dianggap sakral oleh masyarakat sekitar. Tempat tersebut dikenal dengan nama Kampung Pitu (Kampung Tujuh).

Baca Juga: Boleh Dicoba, Penelitian Ungkap Makan Kacang Ini Bisa Bikin Umur Panjang

Kampung Pitu berada di sisi timur puncak gunung api purba Nglanggeran atau yang sering disebut Gunung Wayang. Kampung ini dianggap sangat spesial karena hanya berisi tujuh kepala keluarga (KK).

2. Bukit Woto

 Bukit Woto. (Guideku/Silfa Humairah)
Bukit Woto. (Guideku/Silfa Humairah)

Gunung Purba Nglanggeran merupakan salah satu dari sekian banyak gunung api purba yang terbentuk sekitar 60–70 juta tahun yang lalu di kawasan pegunungan selatan Jawa Tengah dan Timur.

Baca Juga: Bak Orang Ciuman, Begini Iklan McD Thailand yang Bikin Netizen Salah Fokus

Bukit Woto. (Guideku/Silfa Humairah)
Bukit Woto. (Guideku/Silfa Humairah)

Dahulunya, dan pemandangan indah tersebut juga bisa traveler lihat dengan jelas dari bukit Kampung Pitu atau Bukit Woto.

3. Gunung Purba 

Gunung Purba. (Guideku/Silfa Humairah)
Gunung Purba. (Guideku/Silfa Humairah)

Memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Gunung Purba Nglanggeran berhasil memberikan sensasi pendakian tersendiri bagi para pengunjungnya.

Jalur pendakian Gunung Purba Nglanggeran masih tergolong jalur pendakian yang mudah, selain karena beberapa jalur sudah dibuat anak tangga, jarak pendakian juga terlampau pendek, karena hanya setinggi 700 meter.
Namun, pemandangan di puncaknya tidak mengecewakan. Travelers pun bakal dimanjakan dengan semerbak angin dan pemandangan alam serba hijau membentang luas di ketinggian.

4. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran. (Instagram/@yosafatyk)
Embung Nglanggeran. (Instagram/@yosafatyk)

Tak hanya itu, Keindahan gunung api purba Nglanggeran semakin sempurna dengan keberadaan Embung atau danau buatan yang ada di sisi tenggara Gunung Purba Nglanggeran ini.

5. Air Terjun Kedung Kandang

 Air Terjun Kedung Kandang. (Guideku/Silfa Humairah)
Air Terjun Kedung Kandang. (Guideku/Silfa Humairah)

Air Terjun Kedung Kandang, keindahan air terjun tersembunyi yang dikelilingi sawah terasering seperti berada di Ubud, Bali.

Kece dan masih alami, travelers yang suka ketenangan dan pemandangan asri nan sejuk wajib ke Desa Wisata Terbaik ASEAN 2018 ini, Nglanggeran simpan surgawi wisata Gunung Kidul. 

Berita Terkait TERKINI
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak