Jangan Takut, Yuk Rayakan Hari Perempuan Sedunia dengan Solo Traveling

Inilah kenapa perempuan wajib sesekali menjajal solo traveling

Silfa Humairah | Fitri Asta Pramesti
Minggu, 08 Maret 2020 | 16:13 WIB
Ilustrasi turis wanita berfoto di tepi pantai. (Pixabay/sasint)

Ilustrasi turis wanita berfoto di tepi pantai. (Pixabay/sasint)

Guideku.com - Hari Perempuan Sedunia jatuh pada Minggu (8/3/2020) ini. Sebagai perempuan di hari yang spesial ini, tak ada salahnya lho untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri dengan pergi traveling.

Tak perlu takut atau merasa ragu untuk bepergian sendiri. Pasalnya menurut survei terbaru, ternyata banyak lho perempuan yang berani pergi berkelana sendiri.

Tak tanggung-tanggung, disebutkan bahwa jumlah perempuan yang traveling sendiri kini mengalahkan jumlah pria.

Baca Juga: Hastag Bersatu Jaga Papua Trending di Twitter, Ini Wisata Paling Terkenal

Melansir dari laman Vox, Minggu (8/3/2020), melalui survei yang dilakukan Booking.com pada tahun 2014, menunjukkan bahwa 72 persen wanita Amerika suka bepergian sendiri. '

Tak hanya itu, perusahaan riset Hitwise juga menemukan data bahwa 55 persen pencarian traveling solo di Inggris dilakukan oleh wanita, terutama oleh wanitan berusia 25-34 tahun yang tinggal di London.

Ilustrasi Solo Traveler Perempuan. (pixabay.com/Jeshoots-com)
Ilustrasi Solo Traveler Perempuan. (pixabay.com/Jeshoots-com)

Hal ini berarti, banyak perempuan-perempuan diuar sana yang berani keluar rumah sendirian untuk melakukan perjalanan.

Baca Juga: Hari Perempuan Sedunia, Ini 4 Wisata Jogja yang Ramah Buat Traveler Cewek

Perjalanan ini tak semata-mata hanya bertandang ke destinasi wisata saja. Perjalanan ini, disebutkan, sebagai bentuk perempuan untuk menikmati 'me time', sekaligus merawat kesehatan mental lewat aktualisasi diri.

Tak heran, di media sosial instagram misalnya, akan dengan mudah ditemukan perempuan-perempuan yang berpose sendiri di tempat-tempat eksotis di seluruh penjuru dunia, mulai dari yang mudah di akses, hingga yang paling sulit sekalipun.

Lalu kenapa sih perempuan wajib mencoba solo traveling?

Baca Juga: Hari Perempuan Sedunia, Ini Artis Cewek Hobi Traveling dan Masih Single Lho

Solo traveling sebagai self care

Berkaca pada traveling dapat dijadikan sebagai cara untuk merawat kesehatan mental, maka bepergian merupakan cara yang tepat untuk menikmati waktu sendiri sekaligus bersenang-senang dengan suasana baru.

Psikolog Lisa Marie Bobby menyebut bahwa agar self care bisa lebih maksimal, maka bepergian sendiri adalah salah satu caranya.

"Bepergian dengan pasangan atau kelompok dapat membuatmu sulit untuk merasakan hal-hal yang bermakna di balik bepergian itu sendiri," ujar Lisa.

Meningkatkan kemampuan beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain

Selain untuk self care, bepergian sendiri juga dapat dijadikan sebagai langkah untuk melatif skil bertahah hidup, terkait adaptasi dan interaksi.

Seorang solo traveler perempuan, Janice Wauhg, menyebut bahwa dengan bepergian sendiri, ia kini menjadi pribadi yang lebih terbuka, ketimbang saat ia sering bepergian bersama suaminya dulu.

"Saat traveling bersama suamiku dulu, suamiku lah yang lebih mudah berinteraksi dengan orang asing. Dia mudah akrab dengan orang baru dan itu sangat membantu saat kita kesulitan memahami budaya asing di tempat yang kita sambangi," kata Janice.

Selepas suaminya meninggal, Janice mengaku mulai berani traveling sendiri. Hingga akhirnya, ia pun kini menjadi lebih mudah berinteraksi dengan orang asing.

"Meskipun aku introvert, gara-gara sering traveling sendiri, aku jadi lebih mudah membuka obrolan dengan orang lain," tandasnya.

Nah itu tadi beberapa alasan mengapa para perempuan wajib untuk sesekali menikmati bepergian sendirian. Selamat jalan-jalan!

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak