Bule Menstruasi di Pura Viral, Wisata yang Juga Punya Aturan untuk Wanita

Penting untuk travelers mengetahui larangan sebuah tempat wisata dan mengikuti aturannya

Silfa Humairah
Minggu, 15 Maret 2020 | 08:48 WIB
Turis Protes Dilarang Masuk Pura (twitter.com/soendala)

Turis Protes Dilarang Masuk Pura (twitter.com/soendala)

Guideku.com - Media sosial diramaikan bule viral yang sedang mentruasi protes dilarang masuk pura di Bali. Larangan untuk perempuan pemstruasi masuk ke suatu tempat bukan hanya untuk Pura di Bali lho.

Travelers yang beragama Islam tentu tahu bahwa dalam Islam ada yang meyakini bahwa wanita yang sedang menstruasi tak boleh memasuki masjid karena dianggap sedang tidak suci dan bisa mengotori tempat suci padahal tidak ada keperluan (perempuan menstruasi tidak boleh sholat).

Jadi penting untuk travelers mengetahui larangan sebuah tempat wisata dan mengikuti aturannya saat masuk mesjid yang terkenal dan bersejarah di kota yang sedang travelers kunjungi. 

Baca Juga: Teruntuk Natalia Muchova, Ini Alasan Wanita Menstruasi Tak Boleh Masuk Pura

Masjid Agung Semarang. (Instagram/@arintyorexa)
Masjid Agung Semarang. (Instagram/@arintyorexa)

Di Bali, pura adalah tempat suci untuk memuja Hyang Widhi. Darah menstruasi dianggap darah kotor yang ditakutkan dapat mengotori tempat ibadah tersebut.

Jika aturan tersebut tidak dipatuhi, perempuan atau seseorang yang melanggar peraturan tersebut diyakini akan mengalami gangguan, mulai dari kerasukan, sakit, pingsan, dan hal-hal aneh lainnya.

Desa Panglipuran di Bali. (Instagram/@agung_prrasetyo)
Desa Panglipuran di Bali. (Instagram/@agung_prrasetyo)

Di Bali, diyakini bahwa batara atau holy spirit yang berdiam di pura akan marah ketika kediamannya dikotori. Konsekuensi tersebut bukan hanya berimbas pada pelanggarnya, namun juga kepada masyarakat yang menjadi pelayan pura tersebut.

Baca Juga: Prana Djaya, Kedai Kopi Estetik yang Tersembunyi di Kota Sragen

Konsekuensinya beragam, mulai dari wabah penyakit sampai dengan bencana alam. Untuk menghindari hal tersebut, masyarakat harus menebusnya dengan melakukan permintaan maaf yang diistilahkan sebagai ritual guru piduka. Satu ritual yang pelaksanaannya memerlukan biaya besar.

Rumah adat di Kaki Gunung Sorik Merapi. (Guideku.com/Silfa Humairah)
Rumah adat di Kaki Gunung Sorik Merapi. (Guideku.com/Silfa Humairah)

Selain tempat suci seperti mesjid dan pura, ternyata ada Gunung yang menjadi destinasi wisata anti maenstrim di di kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG), tepatnya Desa Sibanggor Julu, Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara yang melarang wanita untuk melakukan pendakian.

Penduduk atau tokoh adat setempat tidak mengizinkan pendaki wanita untuk naik. Pasalnya Sorik Marapi masih dianggap gunung keramat yang konon akan marah (terjadi gempa atau bahkan lebih parah) jika ada pendaki melakukan atau kontak fisik yang mendekati perzinaan apalagi kalau sampai perzinahan di gunung tersebut terjadi maka kutukan akan berdampak pada warga sekitar.

Baca Juga: Durian Rasa Nangka, Tampilan Buah Ini Bikin Netizen Auto Pusing Berjamaah

Bagi pendaki wanita disuruh menunggu di kaki gunung atau sekitaran Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dengan melakukan wisata lain. Ya namanya juga adat dan kepercayaan setempat, harus diiukuti ya. 

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak