Penyemprotan Disinfektan, Wisata Kaliurang Sleman Ditutup Sementara

Pembersihan dan penyemprotan disinfektan di lokasi obyek wisata Kaliurang, Kaliadem, dan juga Klangon.

Silfa Humairah
Kamis, 26 Maret 2020 | 20:30 WIB
Ilustrasi wisata Kaliurang. (Shutterstock)

Ilustrasi wisata Kaliurang. (Shutterstock)

Guideku.com - Imbauan self quarantine dan work from home dari pemerintah bukan hanya berdampak pada kegiatan perkantoran, universitas dan sekolah tapi juga objek wisata. Setelah museum dan galary yang sudah tutup sejak awal Maret, kini beberapa destinasi yang dikelola Pemerintah Kabupaten Sleman untuk sementara waktu juga tidak menerima wisatawan.

Hal itu dikarenakan akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di lokasi obyek wisata Kaliurang, Kaliadem, dan juga Klangon.

Hal ini dianggap perlu, karena destinasi tersebut juga akan disiapkan fasilitas tempat cuci tangan yang memadahi untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk menjaga higenitasnya untuk mematuhi maklumat Kapolri Nomer Mak/2/III/2020.

Baca Juga: Cuma Pakai 4 Bahan, Resep Mudah Bikin Kue Cookie di Rumah

Jangka waktunya masih menyesuaikan dengan proses pembersihan dan juga pembuatan fasilitas cuci tangan beserta sistem jaringan air bersih yang tentunya juga harus memadahi. Peningkatan fasilitas tersebut untuk minggu ini akan difokuskan pada obyek wisata yang dikelola Pemkab yaitu Gardu Pandang Boyong dan Tlogo Putri terlebih dahulu.

"Hal ini kami maksudkan agar nantinya pengunjung maupun pelaku pariwisata di kaliurang lebih merasa aman dalam berwisata di ke 3 lokasi destinasi tersebut. Semisal sudah selesai prosesnya dan dibuka kembali tentu akan kami informasikan kepada masyarakat," ujar Kadis Pariwisata Sleman, Dra Hj Sudarningsih, dalam siaran pers yang dikirimkan pada Guideku.com.

Ia menuturkan selain itu pihaknya juga akan mengarahkan kepada pengusaha penginapan, villa, dan pemondokan untuk membuat kesepakatan bersama dalam prosedur sebelum menerima tamu, misalnya dilakukan sterilisasi kamar dan ruang dengan disinfektan dan juga menyediakan sabun dan tempat cuci tangan yang memadahi atau hand sanitizer. Sehingga pada saat kawasan wisata dibuka kembali akan memberikan rasa aman kepada wisatawan.

Baca Juga: Bikin Kepo, Dinosaurus T-Rex Ini Jalan-jalan di Bandara dan Naik Pesawat

"Himbauan untuk penutupan sementara juga diberikan untuk breksi dan lava bantal guna pembenahan dan penambahan fasilitas cuci tangan bagi pengunjung," jelasnya. 

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak