Travel

Wisata Ponorogo yang Wajib Dikunjungi Setelah Pendemik Covid-19 Berlalu

Pesona alam sebagai daya tarik utama wisata Ponorogo, yuk habis pendemik corona ke sini

Silfa Humairah

Wisata Ponorogo. (Shutterstock)
Wisata Ponorogo. (Shutterstock)

Guideku.com - Setelah pendemik Covid-19 ini berakhir, tentu yang pertama terpikir oleh travellers adalah pergi berwisata. Namun, sudahkah menentukan destinasi wisatanya? Wisata Ponorogo bisa menjadi salah satu rekomendasi lho.

Ponorogo merupakan salah satu daerah yang berada di wilayah Jawa Timur, dan menawarkan beberapa tempat wisata di Ponorogo dan sekitarnya. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam dan lainnya menjadi daftar jenis wisata Ponorogo yang tersedia.

Guideku.com merangkum tempat wisata di Ponorogo yang bisa travellers kunjungi usai pendemik corona berakhir, Apa saja destinasi wisatanya? Yuk, mari kita simak ulasannya dirangkum dari Keepo.me.

1. Coban Lawe

 

Tempat Wisata di Ponorogo yang pertama diulas adalah sebuah air terjun yang bernama Coban Lawe. Air terjun ini menyimpan sebuah keindahan yang tersembunyi dan belum banyak diketahui. Ketenangan yang dihasilkan saat mengunjungi air terjun ini, baik untuk relaksasi diri.

Coban Lawe terletak di lereng Gunung Wilis dan menjadi salah satu destinasi wisata alam kebanggaan warga Ponorogo. Bebatuan yang terdapat di sungai air terjun ini melengkapi pemandangan Coban Lawed dan membuatnya terlihat sangat indah.

Selain air terjun yang mengesankan dengan debit air yang cukup deras, ditambah sejuknya air dan hijaunya pemandangan di sekitar membuat siapapun yang berkunjung ke air terjun ini bakal enggan pergi.

Coban Lawe terletak di Desa Krisik, Pegunungan Krisik, Desa Pudak, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Jangan khawatir, tidak ada biaya masuk untuk melihat dan merasakan indahnya Coban Lawe, kita hanya diwajibkan membayar biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

2. Air Terjun Sunggah

Wisata alam air terjun lainnya yang berada di Ponorogo adalah Air Terjun Sunggah. Keindahan alamnya masih terjaga, dengan kesejukan udara khas daerah pegunungan yang asri. Bebatuan dan tumbuhan hijau di sekitar air terjun melengkapi keindahan Air Terjun Sunggah.

Dengan ketinggian kurang lebih 50 meter, air terjun ini menawarkan view alam dengan nuansa hutan di sekitarnya. Ada juga persawahan dengan sistem terasering, yang menambah keunikan air terjun ini. Air Terjun Sunggah berlokasi di Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo.

3. Tumpak Pare

Ponorogo dikarunia bentang alam dan lanskap yang istimewa. Untuk bisa menikmati alam yang memesona ini, cara terbaik adalah dengan menuju ke dataran tinggi untuk melemparkan pandangan dari ketinggian.

Tumpak Pare menjadi salah satu destinasi wisata anti-mainstream di Ponorogo yang bisa kamu kunjungi. Dari sini, kamu bisa melihat alam Ponorogo yang berbukit dan hijau, serta deretan pepohonan di kejauhan yang istimewa. Udara yang sejuk menambah keseruan berada di tempat ini.

Tumpak Pare berlokasi di Slorok, Desa Cempoko, Kecaatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sejauh informasi yang didapat, Tumpak Pare belum mematok tarif bagi para wisatawan yang berkunjung. Namun ingat, tetap jaga kebersihan, ya!

4. Mloko Sewu

Destinasi wisata satu ini bisa dikatan sebagai identitas wisata di Ponorogo. Mloko Sewu merupakan destinasi wisata di Ponorogo yang lengkap dan menawarkan pesona alam yang istimewa dan spot berfoto yang sangat instagrammable.

Beragam pesona wisata yang terdapat di Mloko Sewu, mulai dari kebun bunga matahari, rumah pohon, pintu langit hingga spot selfie dengan pemandangan Telaga Ngebel dari ketinggian, pastinya tidak boleh kita lewatkan. Mloko Sewu terletak di Prumbon, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

5. Telaga Ngebel

Banyak cerita mistis yang menyelimuti Telaga Ngebel, walaupun diselimuti oleh hal-hal yang berabau mistis hal itu tidak membuat pengunjung berhenti dating ke telaga ini. Karena pemandangan alamnya yang eksotis jauh lebih menarik ketimbang cerita mistis.

Bayangkan saja, sebuah danau alami yang berada di kaki Gunung Wilis ini menawarkan bentang alam yang mengesankan dan syahdu untuk dipandang. Nuansa alam yang menenangkan, dengan mudah menghilangkan atmosfer mistis yang berasal dari cerita masyarakat sekitar.

Para traveler wajib datang ke sini untuk membuktikan betapa serunya menikmati Telaga Ngebel. Telaga Ngebel berlokasi di Kecamatan Ngebel, Kabupatan Ponorogo. Tidak sulit jalan menuju ke telaga ini.

Berita Terkait

Berita Terkini