Travel

Seharian Main di Jakarta Hanya rp 75 Ribu, Yuk Simak Itinerary-nya!

Untuk menikmati akhir pekan, yuk kita jalan-jalan seharian di Jakarta. Bermodal Rp 75 ribu aja!

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna

Ilustrasi Kota Jakarta (envato elements twenty20photos)
Ilustrasi Kota Jakarta (envato elements twenty20photos)

Guideku.com - Berapa sih  budget yang kamu keluarkan saat akan jalan-jalan di kota metropolitan, Jakarta? Untuk menikmati akhir pekan di kota ini, kamu bisa siapkan Rp 75 ribu saja! Mengutip dari akun jejaring sosial TikTok @traveloka, yuk simak itinerary-nya!

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Toko Merah. Tempat ini adalah bangunan peninggalan kolonial Belanda. Dibangun pada 1730, Toko Merah menjadi salah satu bangunan tertua di Jakarta.

Berlokasi di tepi barat Kali Besar, Kota Tua Jakarta, Bangunan megah di jaman Belanda berdominasi warna merah ini bisa kamu nikmati.

Melansir dari situs resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jumat (9/10/2020) dulunya tempat ini adalah kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Gustaaf Willem Baron van Imhoff.

Toko Merah, Kota Tua Jakarta (TikTok @traveloka)
Toko Merah, Kota Tua Jakarta (TikTok @traveloka)

 

Selanjutnya, kamu bisa ngeteh cantik nih di Pantjoran Tea House. Untuk sampai ke sini, kamu bisa berjalan kaki dengan estimasi sampai sekitar 15 menit.

Pantjoran Tea House ini lokasinya berada di kawasan Glodok. Tempat ini adalah gedung tua yang sudah berdiri sejak 1635. Meski sudah lama berdiri, tempat ini tetap terlihat cantik dengan suasana oriental yang cukup kental. Harga teh di sini berkisar mulai dari harga Rp 20 ribu. Tempat ini buka pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB ya.

Saat perut sudah lapar, kamu bisa berburu kuliner ke Gang Gloria, Glodok. Di tempat ini sebagian besar warganya adalah keturunan Tionghoa sehingga disebut juga Pecinan Jakarta.

Di tempat ini kamu bisa berburu kuliner dengan budget Rp 25 ribu saja. Kamu juga bisa jajan oleh-oleh bakpia seharga Rp 10 ribu.

Tiga tempat ini berada di area yang berdekatan, sehingga kamu bisa berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Hitung-hitung kalian bisa sedikit berolahraga, kan?

Ketika sudah kenyang dan ingin pindah destinasi, kamu bisa ke Perpustakan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. Untuk sampai ke sini, kamu bisa naik MRT atau Trans Jakarta, ongkosnya hanya sekitar Rp 20 ribu.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Googlemaps)
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Googlemaps)

 

Perpustakaan ini dinobatkan sebagai gedung perputaskaan tertinggi di dunia, lho! Dengan ketinggian 126,3 meter Perpusnas RI ini memiliki 24 lantai operasional.

Kamu bisa membaca buku-buku yang kamu inginkan. Tak hanya itu, di lantai 24 terdapat executive lounge untuk menikmati panorama monas dari ketinggian.

Total pengeluaran pada wisata seharian yang kamu lakukan hanya Rp 75 ribu. Rinciannya, untuk makan dan jajan Rp 35 ribu, membeli teh Rp 20 ribu, dan ongkos transportasi Rp 20 ribu. Bagaimana? Sudah dapat inspirasi untuk akhir pekan ini?

Berita Terkait

Berita Terkini