6 Wisata di Singapura ala Marissa Nasution, yang Cocok Masuk Bucket List

Save dulu, ini dia 6 wisata di Singapura ala Marissa Nasution yang wajib kalian sambangi usai pandemi nanti.

Arendya Nariswari
Senin, 27 September 2021 | 19:45 WIB
Marissa Nasution, host Jalan-Jalan Bersama Marissa. Foto: Singapore Tourism Board dan Marissa Nasution

Marissa Nasution, host Jalan-Jalan Bersama Marissa. Foto: Singapore Tourism Board dan Marissa Nasution

Guideku.com - Untuk Anda yang hobi jalan-jalan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Singapura. Negara metropolitan dan modern di Asia Tenggara ini memiliki beragam destinasi wisata menarik yang sungguh sayang untuk dilewatkan. ‘The Lion City’ atau Negeri Singa, adalah salah satu tujuan wisata belanja terfavorit bagi para pelancong asal Indonesia.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Singapore Tourism Board pada 2019, sebanyak 3,11 juta wisatawan Indonesia berkunjung ke Singapura. Sayangnya, pandemi COVID-19 yang melanda dunia satu setengah tahun belakangan ini membuat para traveller belum dapat jalan-jalan dan berkunjung ke Singapura.

Saat ini, pemerintah Singapura tengah mengadakan berbagai insiatif untuk secara bertahap membuka kembali perbatasan dan mendorong kegiatan wisata ketika keadaan sudah aman. Untuk Anda yang rindu dan sedang menantikan waktu ketika Anda dapat kembali ke Singapura, janganlah khawatir, karena Singapore Tourism Board berkolaborasi dengan mantan VJ MTV Marissa Nasution, untuk membuat tayangan seri bertajuk ‘Jalan-Jalan Bersama Marissa’ agar Anda dapat menikmati wisata Singapura dari keamanan rumah Anda.

Baca Juga: 7 Kuliner Singapura ala Chef Martin Praja yang Bisa Dicoba di Rumah

Seri ini memamerkan bahwa masih ada banyak bucket list hidden gem yang ramah anak dan keluarga yang wajib kamu kunjungi kalau berkesempatan main lagi ke Singapura kelak. Yuk, simak dan hidupkan kembali impianmu mengunjungi Singapura melalui beberapa destinasi hidden gem yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan tempat-tempak ikonik Singapura lainnya.

1. Gardens by the Bay

Gardens by the bay di Singapura. (Instagram/@gardensbythebay)
Gardens by the bay di Singapura. (Instagram/@gardensbythebay)

 

Baca Juga: Diberi Kejutan Ulang Tahun di Dapur, Pria Ini Panik Gegara Terciduk Begini

Ingin playdate bersama si kecil? Marissa punya jawabannya. Gardens by the Bay akan menjadi tempat yang menarik bagi Anda untuk menemani si kecil bermain.

Taman seluas lebih dari 100 hektar agaknya terlalu sayang untuk Anda lewatkan jika berkunjung ke Singapura. Begitu masuk ke dalam Gardens by the Bay, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan asri yang dipenuhi bunga-bunga cantik. Flower Dome yang menyegarkan mata ini, hanya merupakan pembuka.

Wahana water park dijamin akan membuat si kecil kegirangan, karena bisa berlari-lari sambil bermain air. Masih di area Children’s Garden, ada area bermain tersembunyi yang masih bisa dijelajahi. Setelah selesai berkeliling, Anda pun bisa duduk dan menikmati secangkir teh dan menikmati suguhan berbagai kudapan khas Singapura di Café Aster.

Baca Juga: Bule Beli Minuman Dingin di Sumatera, Pas Pesanan Datang Langsung Heran

2. Kranji Countryside

Sepasang kakek-nenek dengan cucunya sedang menanam padi di Bollywood Veggies. Foto: Tourism Information Hub
Sepasang kakek-nenek dengan cucunya sedang menanam padi di Bollywood Veggies. Foto: Tourism Information Hub

 

Singapura memang dikenal sebagai negara tujuan wisata yang modern. Namun, bukan berarti Singapura tidak memiliki tempat wisata bernuansa alam. Salah satu tempat favorit Marissa dan Allie, putri sulungnya, adalah Kranji Countryside. Terletak di bagian barat Singapura, Kranji Countryside jauh dari hiruk-pikuk modern Singapura, sehingga Anda akan dapat menikmati suasana pertanian dan perkebunan yang masih asri.

Baca Juga: Buat Pelanggan Nyaman, Pegawai Restoran Ini Berpotensi Bikin Baper

Mengusung konsep sustainable eco-friendly, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga, terutama anak-anak. Ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi, yang pertama adalah Bollywood Veggies.

Didirikan sejak 20 tahun yang lalu, Bollywood Veggies menempati lahan seluas hingga 10 hektar. Di sini Anda akan menemukan lahan pertanian, penampakan hutan hijau, dan berbagai macam vegetasi di food forest. Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner di restoran Poison Ivy, yang memiliki konsep farm to table. Jadi sajian makanan di sini dijamin segar dengan rasa yang enak.

Selain Bollywood Veggies, ada juga Hay Dairies dan Live Turtle and Tortoise Museum yang cocok sebagai tempat wisata dan edukasi si kecil. Hay Dairies merupakan satu-satunya peternakan kambing di Singapura dan sudah beroperasi sejak 1988.

Di peternakan yang tertata rapi dan bersih ini, Anda dapat mencoba susu kambing segar yang baru diperah. Sementara, bagi Anda yang hobi melihat hewan eksotis, Live Turtle and Tortoise Museum memungkinkan Anda dan keluarga berinteraksi langsung dengan berbagai macam jenis kura-kura dan penyu. Tidak tanggung-tanggung, ada lebih dari 600 kura-kura dan penyu yang dipelihara di sini.

3. Sentosa Island

Suasana di S.E.A Aquarium™ sebelum pandemi. Foto: website resmi S.E.A Sentosa
Suasana di S.E.A Aquarium™ sebelum pandemi. Foto: website resmi S.E.A Sentosa

 

Pemandangan biota laut di dalam akuarium jumbo selalu menjadi pertunjukan menarik, tidak hanya bagi anak-anak, namun juga orang dewasa. S.E.A Aquarium™ yang terletak di Sentosa Island merupakan salah satu akuarium terbesar di dunia. Ada lebih dari 1.000 spesies hewan laut, mulai dari hiu hingga pari manta, yang dilestarikan di sini. Di Open Ocean Habitat, pemandangan seluruh hewan laut yang berkumpul dan terlihat secara close-up akan memanjakan mata Anda.

Bila Anda sudah selesai jalan-jalan di akuarium dan ingin beristirahat di salah satu penginapan di Sentosa Island, The Barracks Hotel Sentosa menjadi pilihan bagi Marissa dan keluarga untuk staycation dan melepas lelah, sebelum kembali menikmati keindahan Sentosa Island.

Jangan lupa juga ajak anak-anak untuk bermain di Nestopia, taman bermain dan ruang bermain outdoor dengan dua seluncuran terpanjang di Sentosa Island. Kamu tidak perlu takut, karena ada banyak staf yang membantu anak-anak untuk memanjat dan menjelajah. Dan tentunya, ketika kamu sampai di puncak seluncuran kamu bisa melihat pemandangan yang menakjubkan.

Sentosa Island juga terkenal dengan tiga pantainya, yaitu Siloso, Palawan, dan Tanjong. Tapi ingat, setiap pantai memiliki pintu masuk dan manajemen pemeriksaan keamanannya masing-masing. Anda bebas memilih pantai menurut Anda paling nyaman. Menurut Marissa, ketiga pantai ini adalah perfect little getaway destination.

4. Tiong Bahru

Bagi Anda yang ingin berburu bahan masakan hingga tanaman dan pernak-pernik lain, Marissa merekomendasikan Tiong Bahru Market sebagai tujuan. Tiong Bahru, sejatinya merupakan kawasan perumahan tertua di Singapura yang berdiri sejak 1920-an. Kawasan ini kemudian disulap menjadi surga belanja bahan makanan dan berbagai kuliner khas Singapura dan Asia Tenggara, mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Tidak salah kalau Marissa memasukkan Tiong Bahru ke dalam bucket list hidden gem Singapura.

5. Jewel Changi Airport

Air Terjun Indoor Tertinggi di Singapura (jewelchangiairport.com)
Air Terjun Indoor Tertinggi di Singapura (jewelchangiairport.com)

Selain fasilitas one stop shopping yang memudahkan para pengunjung bandara, Changi Airport juga memiliki sebuah destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan, yakni Jewel. Di dalamnya, Anda akan menemukan HSBC Rain Vortex yang merupakan air terjun dalam ruangan terbesar di dunia dengan ketinggian 40 meter. Dikelilingi oleh kubah kaca ikonik, Anda dapat melihat hamparan tanaman hijau yang membuat Anda seperti berada di hutan hujan. Canopy Park dan Hedge Maze menjadi wahana menarik yang juga patut Anda coba.

Beranjak ke rooftop, Anda akan sampai ke wahana terfavorit di Jewel, yakni Manulife Sky Nets Bouncing. Namun untuk Anda yang takut ketinggian, tidak disarankan mencoba wahana ini, karena Anda akan disuguhkan pemandangan 25 meter ke bawah yang bisa dilihat melalui jaring yang menjadi tempat Anda menapakkan kaki. Selain wahana, Jewel juga memiliki 280 restoran dan toko-toko ikonik.

6. Joo Chiat/Katong

Tampak depan Rumah Bebe. Foto: Tourism Information Hub
Tampak depan Rumah Bebe. Foto: Tourism Information Hub

 

Belum familiar dengan wilayah di bagian Timur Singapura? Marissa memiliki beberapa tujuan seru yang bisa Anda jelajahi di sini. Lokasi ini dipenuhi dinding mural yang Instragammable. Sangat cocok buat para traveller yang hobi berswafoto maupun yang ingin berburu foto-foto estetik.

Joo Chiat/Katong ini sejatinya merupakan wilayah yang kental dengan budaya peranakan. Anda dapat dengan mudah menemui berbagai macam kuliner hingga aksesoris yang menggambarkan budaya peranakan, salah satunya adalah Rumah Bebe. Tidak hanya melihat kebaya Nyonya cantik, Anda juga bisa belajar cara membuat berbagai macam pernak-pernik manik-manik hingga sepatu dan tas tradisional ala Peranakan.

Menjelajah bagian Timur Singapura tidak lengkap apabila Anda tidak berburu makanan. Marissa mengajak Anda untuk food walking tour dan menjelajahi kuliner yang ada di setiap sudut jalan. Mulai dari Geylang Serai Market yang terkenal dengan jajanan pasarnya dan tentunya serba halal, hingga salah satu restoran Laksa terbaik di Singapura, yakni 328 Katong Laksa. Selain itu, masih ada gedung yang menjadi ikon Katong, yang saat ini menjadi salah satu toko roti ternama, yakni Katong Bakery.

Singapore Bucket List ala Marissa Nasution ini dapat menjadi referensi Anda apabila Anda berencana untuk kembali mengunjungi Singapura kelak, saat kondisi pandemi COVID-19 di dalam negeri sudah membaik. Kini pemerintah Singapura tengah melakukan berbagai upaya untuk menginovasi dan mempersiapkan fasilitas wisata yang aman untuk dikunjungi. Sementara itu, ayo kita juga jaga kesehatan dan kebersihan negeri kita sembari menunggu situasi membaik. Semoga kita dapat segera bertemu kembali di Singapura, ya!

Berita Terkait TERKINI
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak