Miss Indonesia Pantau Pembuatan Suvenir Miss World yang Dibuat Khusus

Suvenir Miss World itu dibuat oleh penyandang disabilitas.

Hiromi Kyuna
Kamis, 18 November 2021 | 07:00 WIB
Pricilia Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram @carlayules)

Pricilia Carla Yules, Miss Indonesia 2020 (Instagram @carlayules)

Guideku.com - Salah satu cara memperkenalkan budaya Indonesia pada dunia adalah lewat gelaran ajang Internasional seperti Miss World. Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules yang akan mewakili Indonesia dalam ajang kecantikan tersebut tahun ini pun ingin memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional.

Pada ajang tersebut, Carla akan membawa sekitar 50 tas belanja yang terbuat dari kain batik dan tenun sebagai suvenir kepada para peserta Miss World 2021 di Puerto Rico, Amerika Utara.

Bekerja sama dengan desainer Evelyn Angelia Jusri, puluhan tas tersebut dibuat langsung oleh para penyandang disabilitas di Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Budi Bhakti, Cengkareng, Jakarta Utara.

Baca Juga: Berawal dari Isi Kulkas, Kisah Cinta Wanita Ini Sukses Bikin Baper

Menyempatkan diri melihat langsung proses produksi, Carla mengaku takjub dengan semangat para warga binaan yang tetap semangat berkarya meski memiliki keterbatasan fisik. 

Suvenir yang dibuat di PSBD Budi Bhakti (Suara.com/Lilis Varwati)
Suvenir yang dibuat di PSBD Budi Bhakti. (Suara.com/Lilis Varwati)

"Walaupun ada kekurangan, tapi mereka punya talenta dan kemauan, juga semangat untuk mereka berjuang. Buktinya mereka bisa membuat hasil karya yang mengharumkan Indonesia," kata Carla ditemui di PSBD Budi Bhakti, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Kepada Evelyn, Carla sengaja meminta dibuatkan tas belanja yang ramah lingkungan serta mudah dibawa ke manapun.

Baca Juga: Sisca Kohl Bikin Telur Krispi, Total Belanjaannya Sukses Bikin Syok

Selain membawa ciri khas budaya Indonesia melalui kain batik dan tenun, melalui suvenir itu pula, Carla ingin mengampanyekan kepada masyarakat dunia untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. 

"Saya mendukung masyarakat seluruh dunia untuk lebih menghemat penggunaan plastik dengan kita membawa sendiri shopping bag yang bisa dibawa ke dalam tas. Juga mengenalkan budaya Indonesia yang terbuat dari bahan baik dan tenun. Lebih tepatnya lagi supaya masyarakat Indonesia dan budaya Indonesia lebih dikenal mancanegara," tuturnya panjang lebar.

Evelyn Angelia Jusri (Suara.com/Lilis Varwati)
Evelyn Angelia Jusri (Suara.com/Lilis Varwati)

Sang desainer Evelyn mengungkapkan bahwa bahan kain tas tersebut memang sengaja dibuat dari berbagai jenis batik dan tenun dari berbagai daerah Indonesia. Tujuannya, untuk mewakili keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. 

Baca Juga: Pasutri Curhat Makan Es Buah, Publik Syok Berat Pas Lihat Toppingnya

Selain itu, para warga binaan di PSBD Budi Bhakti juga telah terbiasa membuat berbagai kerajinan tangan. Sehingga, Evelyn menjamin kualitas buah tangan mereka bisa dibawa hingga ke mancanegara.

"Kita sudah banyak proyek bersama. Dari jahit masker, udah jahit sarung tas. Jadi buat aku, mereka keluarga aku. Proyeknya selalu berjalan, yang susah hanya diawal karena kita pelatihan penjahitan, membuat sampel ulang bolak-balik. Tapi sekarang, alhamdulillah sudah lancar, karena sudah berjalan bertahun-tahun," ungkap Evelyn merinci.

Melalui karya dirinya bersama para warga binaan, Evelyn berharap para peserta Miss World 2021 nantinya bisa mengenal dan selalu mengingat Indonesia.

Baca Juga: Rekam Adegan Film di Dalam Bioskop, Wanita Ini Langsung Dilaporkan

"Pesan khususnya setiap mereka memakai tas ini, mereka bisa mengingat Indonesia dan Miss Indonesia kita," pungkasnya.

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak