Bukan Bali, Pantai Papuma Cantik Ini Ternyata Ada di Jember

Ingin liburan asyik tanpa harus pergi jauh? Yuk ajak keluarga ke Pantai Papuma di Jember ini.

Arendya Nariswari
Jum'at, 03 Desember 2021 | 08:18 WIB
Pantai Papuma di Jember. (Instagram/@shabrina_soraya)

Pantai Papuma di Jember. (Instagram/@shabrina_soraya)

Guideku.com - Memang tiada hal yang lebih mengasyikan selain menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di pantai. Salah satu rekomendasi destinasi wisata Jember yang wajib Anda sambangi bersama keluarga ialah Pantai Papuma

Cantik dan berpasir putih, Pantai Papuma ini berlokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Belum lagi, air laut di Pantai Papuma ini dikenal biru jernih nan memanjakan mata. 

Dihimpun Guideku.com dari laman Suara Bali, Pantai Papuma berjarak kurang lebih 40 Kilometer dari pusat Kota Jember. Tidak terlau jauh bukan? 

Baca Juga: Harga Makan di Angkringan Bikin Tercengang, Warganet: Mending Beli Pizza

Untuk memulai perjalanan bagi wisatawan luar kota, Anda bisa memulai ruter termudah dengan mengambil jalan menuju simpang 4 Pasar Mangli. 

Pantai Papuma di Jember. (Instagram/@rizty98)
Pantai Pasir Putih Papuma di Jember. (Instagram/@rizty98)

Dari simpang 4 Mangli ini, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan dengan jarak kurang lebih 30an KM. sampai nanti bertemu dengan gapura kayu bertuliskan ‘Pantai Papuma’, lurus saja. Sampai nanti bertemu dengan penjaga karcis.

Setelah melewati pintu karcis pengunjung akan disuguhkan dengan jalan yang sedikit ekstream, karena jalannya agak menanjak. Setelah melewati jalan yang menanjak itu, pengunjung akan dapat melihat keindahan Patai Pasir Putih Papuma. Dan semua kelelahan saat saat perjalanan akan terbayar karena keindahannya.

Baca Juga: Tunjukkan Isi Es Teh Manis yang Sebenarnya di Restoran, Hasilnya Bikin Syok

Dan perlu pengunjung ketahui, berikut harga tiket masuk Pantai Papuma:

  1. Tiket Masuk bagi pengunjung yang berasal dari Indonesia pada hari biasa akan dikenakan tarif sebesar Rp18.000
  2. Tiket Masuk bagi pengunjung yang berasal dari Indonesia pada hari libur akan dikenakan tarif sebesar Rp25.000
  3. Tiket Masuk  bagi pengunjung yang berasal dari Luar Negeri pada hari biasa akan dikenakan tarif sebesar Rp40.000
  4. Tiket Masuk bagi pengunjung yang berasal dari Luar Negeri pada hari Libur akan dikenakan tarif sebesar Rp80.000
  5. Untuk parkir kendaraan roda 2 dikenakan tarif sebesar Rp5.000
  6. Untuk parkir kendaraan roda 4 dikenakan tarif sebesar Rp10.000
  7. Untuk parkir kendaraan roda 6 dikenakan tarif sebesar Rp15.000
  8. Untuk camping membayar biaya restribusi sebesar Rp5.000
  9. Untuk melakukan fotoprewed (event) dikenakan tarif sebesar Rp250.000

Pantai Pasir Putih Papuma ini merupakan salah satu icaran para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu hal yang menarik dari pantai ini adalah bisa menyaksikan sunrise dan sunset, yang bisa dinikmati dalam satu tempat yang sama sekaligus.

Pantai Pasir Putih Papuma ini merupakan pantai yang sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, diantaranya, area parkir, gazebo (rest area), pos penjagaan, homestay / penginapan, camp gorund, toilet, musholla dan warung-warung jajanan masyarakat.

Baca Juga: 4 Tips Agar Anak Doyan Makan Sayur, Lakukan Hal Ini Agar Optimal

Beberapa tawaran aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Putih Papuma ini, meliputi:

  1. Bermain pasir dan ombak laut, dengan airnya yang bersih, pengunjungnya bisa bermain pasir di tempat ini sambil menikmati ombak laut. Tapi, disarankan untuk tidak berenang di tempat ini, karena ada larangan untuk berenang.
  2. Memancing, beberapa spot pancing di daerah ini bisa menjadi pilihan bagi para para pengunjung yang mempunyai hobi memancing. Sebab berbagai jenis ikan bahkan seperti GT dan kerapu sepat bisa dengan mudah didapatkan di sini.
  3. Camping, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berkemah serta membuat api unggun di tempat ini, bisa juga sambil membakar ikan.
  4. Wisata sejarah dan religi, pengunjung bisa menikmati wisata sejarah dengan mengunjungi masjid yang berbentuk seperti klenteng dengan motif China.
  5. Berswafoto instagramable, terdapat beberapa spot yang bisa digunakan sebagai latar belakang saat melakukan pemotretan.
  6. Menikmati sunrise dan sunset, tidak semua pantai bisa dijadikan tempat untuk menikmati sunrise dan sunset, tapi Pantai Pasir Putih Papuma ini bisa menawarkan kedua hal tersebut.
  7. Hiking di Papuma, meski bertema pantai, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking di tempat ini. berapa rute hiking yang bisa dilakukan, meliputi, Malikan – Pasir Putih – Papuma Hill.

Beberapa rekomendasi penginapan yang ada di sekitaran Pantai Pasir Putih Papuma adalah sebagai berikut:

  1. Kamar Jati, terdapat 3 kamar dengan fasilitas AC, TV, lemari ES, kamar mandi, breakfast untuk 2 orang. Tarif penginapan ini sebesar Rp300.000 untuk hari biasa sedangkan untuk hari libur dikenakan tarif sebesar Rp400.000.
  2. Kamar Kajang terdapat 1 unit dengan fasilitas ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfeast untuk 2 orang. Tarif dari tempat ini adalah sebesar Rp300.000 untuk hari biasa sedangkan untuk hari libur dikenakan tarif sebesar Rp400.000.
  3. Rumah Sengon, terdapat 1 unit rumah dengan fasilitas ruang tamu, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfeast untuk 4 orang. Tarif untuk bermalam di tempat ini adalah Rp650.000 untuk hari biasa sedangkan pada hari libur dikenakan tarif sebesar Rp1.000.000.
  4. Kamar Jabon, terdapat 3 unit kamar dengan fasilitas kamar menghadap ke pantai, AC, TV, kamar mandi, lemari es, breakfast untuk 2 orang. Tarif dari tempat ini adalah sebesar Rp250.000 pada hari biasa sedangan pada hari libur dikenakan tarif sebesar Rp350.000.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Pasir Putih Papuma, mulai dari rute, harga, hingga penginapan yang berada di sekitaran Pantai Pasir Putih Papuma.

Baca Juga: Unik! Ada Hidangan Nasi Goreng Kopi di Kafe Ini, Seperti Apa Rasanya?

(Suara Bali/Agung Kurniawan/Dinar Surya Oktarini)

Berita Terkait TERKINI
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak