Fakta Menarik Taksi di Dunia: dari Termahal hingga Terunik

Ingin tahu fakta menarik apa saja tentang taksi di dunia? Simak selengkapnya di sini.

Ririn Indriani
Senin, 21 Agustus 2023 | 09:21 WIB
Ilustrasi taksi. (Pixabay)

Ilustrasi taksi. (Pixabay)

Guideku.com - Simak yuk fakta menarik seputar taksi di dunia yang menarik untuk diketahui. Ulasan selengkapnya, baca artikel ini.

Perkembangan transportasi dunia sangat pesat dan semakin beragam, termasuk taksi yang merupakan salah satu alat transportasi yang menarik diperhatikan di berbagai negara.

Tahukah Anda bahwa layanan taksi sudah hadir melayani masyarakat sejak tahun 1891. Ketika itu pertama kali dalam perjalanan transportasi dihitung per jarak kilometer dan atau waktu yang ditempuh.

Baca Juga: 7 Makanan yang Sarat Antosianin, Kebanyakan Berwarna Ungu dan Merah

Adalah Wilhelm Bruhn, penemu taksi meter, yang secara otomatis mencatat jarak yang ditempuh dan/atau waktu yang dihabiskan, sehingga memungkinkan tarif diukur secara akurat.

Di Indonesia sendiri, bisnis taksi mulai di tahun 1965 yang dipelopori oleh Almh. Ibu Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono.

Belakangan, taksi berkembang mengikuti kemajuan teknologi teranyar, mulai dari penggunaan mobil mewah atau luxury car, mobil bertenaga listrik dan hybrid, hingga mobil tanpa pengemudi.

Baca Juga: Granola Isi Kurma Populer Diburu Masyarakat Indonesia, Apa Manfaatnya?

Mari kita ulas beragam taksi di dunia, mulai dari yang termahal, terunik hingga yang ternyaman di Indonesia.

1. Tarif Taksi Termahal di Dunia Ternyata Bukan Jepang
Belum lama ini ramai di TikTok, seorang kreator konten membagikan pengalamannya yang merasakan tarif taksi di Jepang yang super mahal. Dia mengaku mengeluarkan uang sampai Rp 1,4 juta sekali buka pintu taksi, meski dibantah oleh pemandu wisata di Jepang bahwa kreator konten tersebut tidak akurat dalam menyampaikan data.

Tarif taksi di Jepang dikutip dari data Taxisite tahun 2022, untuk taksi model standar tarif biaya buka pintu atau 1 km pertama jarak dikenakan tarif sebesar 500 Yen atau Rp56 ribu.

Baca Juga: Mengenal Garam Inggris: Simak Manfaat dan Efek Sampingnya

Taksi termahal di dunia diketahui berada di Oslo, Norwegia dengan tarif US$ 10 permil (Rp 87.500 per km). Bandingkan dengan tarif taksi reguler di wilayah Jabodetabek yaitu Rp 5.400 per km, sedangkan untuk taksi listrik dari Rp 5.600 menjadi Rp 5.900 per kilometernya, sangat jauh ya bedanya?

2. Taksi Unik di Dunia
Tiap kota di dunia kita menemukan hal-hal unik, begitu juga dengan layanan taksi, yang harus dicoba kalau berkunjung ke sana. Contohnya ada taksi hitam yang menjadi ciri khas kota London, lalu ada Yellow Cabs yang menjadi ikon di New York City, taksi dengan mobil mewah seperti Porsche dan Ferrari di Moskow dan Dubai, taksi dengan mobil VW Beetle di Meksiko, Amerika Selatan.

Ada pula taksi Coco di Kuba berbentuk cangkang kelapa dengan warna kuning cerah yang dibuat dari fiberglass dan kursi yang dilas ke skuter. Kalau di Indonesia, kira-kira ada tidak ya taksi yang unik?

3. Taksi Tanpa Pengemudi (Driverless Taxi)
Perkembangan teknologi di dunia otomotif mempengaruhi layanan taksi di dunia. Dua negara adidaya sudah mulai mengizinkan dioperasikannya taksi tanpa pengemudi. Selain efisiensi, taksi tanpa pengemudi ini diklaim lebih nyaman dan aman bagi penumpang.

Ada dua jenis taksi tanpa pengemudi, yaitu taksi Apollo Go yang sudah beroperasi di Beijing, Wuhan dan Chongqing, serta Cruise dan Waymo di Amerika.

4. Taksi Legendaris di Indonesia

Sebagai negara yang dinobatkan sebagai negara paling ramah kedua di dunia menurut survei Expat Insider 2022 yang diselenggarakan oleh InterNations, sepertinya pelayanan, human touch, dan interaksi antara pengemudi dan penumpang, masih menjadi hal penting yang diperhitungkan di Indonesia.

Itu pula yang ditawarkan oleh taksi legendaris di Indonesia, Bluebird. Perusahaan ini memberikan solusi mobilitas yang bisa menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang dari sebelum naik, di perjalanan hingga sampai di tujuan.

Taksi biru berlogo burung yang sudah berdiri sejak 51 tahun lalu ini, mengedepankan tiga standar nyaman Indonesia (SNI) yaitu standar kendaraan dengan kualitas yang terjamin, standar pengemudi yang handal dan terkenal dengan keramahannya, serta standar sistem terpadu yang memudahkan penumpang untuk memesan dan membayar dengan berbagai sistem.

Ketiga standar tersebut merupakan jawaban atas moda transportasi yang berkualitas, lebih nyaman dan aman bagi pelanggan.

 

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak