Tiongkok Uji Coba Bebas Visa 6 untuk Negara, Ada Indonesia?

Kebijakan ini akan diujicobakan selama satu tahun mulai 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024, dengan status jangka panjang belum dapat dipastikan setelah uji coba ini selesai.

Caca Kartiwa
Jum'at, 01 Desember 2023 | 18:30 WIB
ILUSTRASI. Dokumen (Unsplash/ mana5280)

ILUSTRASI. Dokumen (Unsplash/ mana5280)

Guideku.com - Pada tanggal 24 November 2023, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengumumkan penerapan kebijakan bebas visa bagi warga dari enam negara tambahan, termasuk lima negara Eropa, yakni Perancis, Jerman, Italia, Belanda, dan Spanyol, serta Malaysia. Kebijakan ini akan berlaku mulai tanggal 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024.

Warga negara biasa dari negara-negara yang disebutkan dapat masuk dan berkeliling di Tiongkok tanpa visa selama maksimal 15 hari.

Melansir travelchinaguide, persyaratan untuk memenuhi kebijakan bebas visa ini adalah memiliki paspor biasa dari salah satu negara yang termasuk, dengan pastikan bahwa masa berlaku paspor setidaknya 3 bulan pada saat kedatangan dan tanpa catatan overstaying atau pelanggaran hukum lainnya di Tiongkok.

Baca Juga: Mie Linggarjati Bandung: Kuliner Legendaris yang Membuat Lidah Bergoyang, Lokasi Dekat Alun-alun

Tujuan kunjungan ke Tiongkok harus bersifat bisnis, pariwisata, kunjungan ke teman, atau sebagai penerbangan terhubung.

Untuk tujuan lain, visa yang telah disiapkan akan dibutuhkan dan dapat diurus di meja imigrasi pada saat kedatangan.

Waktu tinggal di Tiongkok tanpa visa diperbolehkan maksimal selama 15 hari. Jika Anda berencana untuk tinggal lebih lama, Anda harus mengajukan visa sebelum memasuki Tiongkok.

Baca Juga: 'Work in Shizuoka Job Fair 2023' Digelar di Bandung 2 - 3 Desember, Peluang Kerja ke Jepang

Kebijakan ini akan diujicobakan selama satu tahun mulai 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024, dengan status jangka panjang belum dapat dipastikan setelah uji coba ini selesai.

Adapun kebijakan pembebasan visa untuk warga negara lain, saat ini pemegang paspor biasa dari Singapura dan Brunei juga dapat bepergian ke Tiongkok tanpa visa selama 15 hari.

Selain itu, berdasarkan kebijakan pembebasan visa bersama, pemegang paspor reguler Qatar dapat tinggal di Tiongkok selama maksimal 30 hari tanpa visa, sedangkan warga Armenia dapat tinggal selama tidak lebih dari 90 hari setiap 180 hari.

Baca Juga: Tak Hanya Tujuan Wisata, Bandung Dipilih Jadi Kota untuk Habiskan Masa Tua

Warga dari 48 negara lainnya dapat tinggal di beberapa wilayah tertentu di Tiongkok, termasuk Beijing, Tianjin, dan Hebei di utara, Shanghai, Jiangsu, dan Zhejiang di timur, serta seluruh Provinsi Guangdong di selatan selama maksimal 144 jam saat terhubung penerbangan dari negara/region A ke negara/region B.

Waktu ini dihitung mulai dari 00:00 hari kedatangan berikutnya, umumnya memberikan cukup waktu untuk perjalanan penemuan di wilayah-wilayah tersebut.

Kebijakan ini melibatkan sebagian besar negara Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Korea Selatan, Jepang, dan negara lainnya.

 

Berita Terkait TERKINI
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru, berwisata akan menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu berlibur....
travel | 09:32 WIB
Tampilkan lebih banyak