Tiongkok Uji Coba Bebas Visa 6 untuk Negara, Ada Indonesia?

Kebijakan ini akan diujicobakan selama satu tahun mulai 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024, dengan status jangka panjang belum dapat dipastikan setelah uji coba ini selesai.

Caca Kartiwa
Jum'at, 01 Desember 2023 | 18:30 WIB
ILUSTRASI. Dokumen (Unsplash/ mana5280)

ILUSTRASI. Dokumen (Unsplash/ mana5280)

Guideku.com - Pada tanggal 24 November 2023, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengumumkan penerapan kebijakan bebas visa bagi warga dari enam negara tambahan, termasuk lima negara Eropa, yakni Perancis, Jerman, Italia, Belanda, dan Spanyol, serta Malaysia. Kebijakan ini akan berlaku mulai tanggal 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024.

Warga negara biasa dari negara-negara yang disebutkan dapat masuk dan berkeliling di Tiongkok tanpa visa selama maksimal 15 hari.

Melansir travelchinaguide, persyaratan untuk memenuhi kebijakan bebas visa ini adalah memiliki paspor biasa dari salah satu negara yang termasuk, dengan pastikan bahwa masa berlaku paspor setidaknya 3 bulan pada saat kedatangan dan tanpa catatan overstaying atau pelanggaran hukum lainnya di Tiongkok.

Baca Juga: Mie Linggarjati Bandung: Kuliner Legendaris yang Membuat Lidah Bergoyang, Lokasi Dekat Alun-alun

Tujuan kunjungan ke Tiongkok harus bersifat bisnis, pariwisata, kunjungan ke teman, atau sebagai penerbangan terhubung.

Untuk tujuan lain, visa yang telah disiapkan akan dibutuhkan dan dapat diurus di meja imigrasi pada saat kedatangan.

Waktu tinggal di Tiongkok tanpa visa diperbolehkan maksimal selama 15 hari. Jika Anda berencana untuk tinggal lebih lama, Anda harus mengajukan visa sebelum memasuki Tiongkok.

Baca Juga: 'Work in Shizuoka Job Fair 2023' Digelar di Bandung 2 - 3 Desember, Peluang Kerja ke Jepang

Kebijakan ini akan diujicobakan selama satu tahun mulai 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024, dengan status jangka panjang belum dapat dipastikan setelah uji coba ini selesai.

Adapun kebijakan pembebasan visa untuk warga negara lain, saat ini pemegang paspor biasa dari Singapura dan Brunei juga dapat bepergian ke Tiongkok tanpa visa selama 15 hari.

Selain itu, berdasarkan kebijakan pembebasan visa bersama, pemegang paspor reguler Qatar dapat tinggal di Tiongkok selama maksimal 30 hari tanpa visa, sedangkan warga Armenia dapat tinggal selama tidak lebih dari 90 hari setiap 180 hari.

Baca Juga: Tak Hanya Tujuan Wisata, Bandung Dipilih Jadi Kota untuk Habiskan Masa Tua

Warga dari 48 negara lainnya dapat tinggal di beberapa wilayah tertentu di Tiongkok, termasuk Beijing, Tianjin, dan Hebei di utara, Shanghai, Jiangsu, dan Zhejiang di timur, serta seluruh Provinsi Guangdong di selatan selama maksimal 144 jam saat terhubung penerbangan dari negara/region A ke negara/region B.

Waktu ini dihitung mulai dari 00:00 hari kedatangan berikutnya, umumnya memberikan cukup waktu untuk perjalanan penemuan di wilayah-wilayah tersebut.

Kebijakan ini melibatkan sebagian besar negara Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Korea Selatan, Jepang, dan negara lainnya.

 

Berita Terkait TERKINI
Inilah deretan tempat wisata Cianjur yang cocok dikunjungi saat musim libur Lebaran....
travel | 11:30 WIB
Beberapa destinasi wisata religi ini cocok dikunjungi saat libur Lebaran....
travel | 11:15 WIB
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Tampilkan lebih banyak