Kontroversi Replika Gate of Heaven Bali di Thailand Tuai Perdebatan

Baru-baru ini, sebuah desa di Thailand Utara memutuskan untuk membuka spot foto Gate of Heaven versi mereka sendiri dari 'Gerbang Surga' yang ada di Bali, Indonesia.

Caca Kartiwa
Senin, 04 Desember 2023 | 15:00 WIB
Potret pasangan berfoto di Gate of Heaven, Bali (Instagram/ @gatesofheavenbali)

Potret pasangan berfoto di Gate of Heaven, Bali (Instagram/ @gatesofheavenbali)

Guideku.com - Lempuyang Temple, atau yang lebih dikenal sebagai Gate of Heaven (Gerbang Surga) di Bali, tidak hanya menjadi landmark spiritual yang sangat berarti di pulau tersebut, tetapi juga salah satu atraksi wisata paling populer. Wisatawan dari seluruh dunia rela mengantri hingga empat jam hanya untuk mendapatkan foto di lokasi ikonik tersebut.

Baru-baru ini, sebuah desa di Thailand Utara memutuskan untuk membuka spot foto Gate of Heaven versi mereka sendiri.

Gate of Heaven di Lempuyang Temple menjadi terkenal di seluruh dunia selama masa kejayaan travel vlogger dan influencer perjalanan media sosial.

Baca Juga: Viral! Pesawat Air India Bocor Ditengah Penerbangan, Penumpang Tetap Santuy

Foto ikonik yang direplikasi ratusan ribu kali selama sepuluh tahun terakhir menampilkan wisatawan berpakaian tradisional sarong mereka berdiri di antara gerbang kuil, dengan pemandangan gunung suci Agung yang menakjubkan jika cuaca cerah.

Namun, sedikit yang tahu bahwa efek refleksi di bawah gerbang kuil, yang menciptakan bayangan indah di permukaan air, tidak selalu ada; terkadang hanya ada genangan air kecil. Efek ini dicapai dengan meletakkan cermin kecil di bawah lensa kamera oleh pemandu lokal.

Jadi, mengapa sebuah kota kecil pariwisata di Thailand Utara memutuskan untuk mereplikasi gerbang kuil Hindu Bali Lempuyang?

Baca Juga: Sensasi Kenikmatan Kuliner di Bakso Tjap Haji Bandung, Ridwan Kamil Suka Banget

Meskipun awalnya terdengar seperti inspirasi dari pemandangan terkenal di Bali, pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa Gate of Heaven di Nan sangat mirip, bahkan sudah tercatat di Google Maps dan menjadi tren di media sosial dengan sebutan 'Bali Nan'.

Melansir thebalisun, mengingat Thailand sebagai negara Buddha dengan arsitektur kuil yang unik, banyak orang secara online menuding pembuatnya meniru arsitektur kuil Hindu Bali semata-mata untuk mendapatkan kesempatan foto.

Beberapa bahkan menyebutnya sebagai appropriasi budaya, dengan beberapa orang menyoroti ironi dalam kritik Thailand terhadap Kamboja dan Vietnam yang dianggap menjiplak budaya Thailand, sementara mereka sendiri tampak melakukan hal yang serupa dalam situasi ini.

Baca Juga: Terlalu Viral! 2 Destinasi Wisata di Jawa Barat Ini Sempat Rusak

Kehebohan dan perdebatan justri datang dari warga Thailand sendiri, sementara warga Indonesia, khususnya Bali, belum banyak memberikan reaksi.

Menanggapi video tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menunjukkan pengertian yang besar.

"Saya yakin ini bukan kesalahan yang disengaja dari pemerintah Thailand. Sebagai sesama anggota ASEAN, kita harus mengambil sikap terbuka dan melihat sisi positif," ungkap Sandiaga dikutip Senin (4/12/2023).

Berbicara secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, mengatakan kepada wartawan, "Jangan terlalu khawatir karena tempat wisata di Bali tidak akan ada di tempat lain di dunia."

"(Keunikan) Bali, yang didasarkan pada nilai-nilai budaya dan kebijaksanaan lokal Bali, akan sulit bersaing dengan daerah lain," lanjutnya.

Meskipun beberapa penggemar Bali mencatat bahwa mereka akan mulai mencari destinasi liburan di Asia Tenggara sebagai hasil dari visa on arrival berbayar Indonesia dan pajak pariwisata yang akan datang, para penggemar Bali tetap akan kembali ke pulau ini untuk melihat keajaiban budaya dan sejarah dalam bentuk asli dan otentik.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak