Liburan ke Selandia Baru? Coba Pakai Campervan biar Semakin Seru

Jalan-jalan keliling Selandia Baru pakai campervan, yuk!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Senin, 10 Juni 2024 | 10:00 WIB
Ilustrasi liburan seru dengan memanfaatkan campervan (Freepik)

Ilustrasi liburan seru dengan memanfaatkan campervan (Freepik)

Guideku.com - Jika kamu bertanya soal cara untuk jalan-jalan di Selandia Baru, jawabannya adalah sewa campervan atau mobil rumah. Banyak artis yang sudah melakukannya, mulai dari Ringgo Agus Rahman, Ayudia Bing Slamet, hingga Tara Budiman.

Tertarik liburan dengan mengendarai campervan di  Selandia Baru? Dikutip dari Suara.com, perhatikan tips yang dibagikan Tourism New Zealand berikut ini.

Cara Menyewa Campervan 

Baca Juga: Jangan Remehkan 7 Manfaat Kopi Hitam, Minumnya Jangan Pakai Gula

Kamu bisa pesan melalui agen perjalanan lokal, situs web operator penyewaan campervan, maskapai penerbangan, atau agen perjalanan online pihak ketiga. 

Ilustrasi liburan seru dengan memanfaatkan campervan (Freepik)
Ilustrasi liburan seru dengan memanfaatkan campervan (Freepik)
 

Lihat berbagai penawaran yang bisa kamu ipilih sesuai kebutuhan dan bujet, mulai dari kategori minimalis hingga mewah. Sebaiknya lakukan pemesanan lebih awal, terlebih untuk musim panas, sangat disarankan sudah pesan sejak 6-9 bulan sebelum keberangkatan.

Kebanyakan operator campervan memberlakukan durasi sewa paling tidak selama lima malam. Jangan lupa selalu periksa kontrak dengan cermat. Pahami sepenuhnya soal syarat dan ketentuan sebelum tanda tangan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Religi di Solo, Terbaru Masjid Raya Sheikh Zayed

Selalu berkendara dengan aman dan nyaman

Wisatawan jelas wajib menjaga keselamatan dan keamanan selama berkendara. Selalu mengemudi dari sisi sebelah kiri jalan karena itu merupakan dasar penting untuk mengemudi di Selandia Baru.

Pakai sabuk pengaman dan pastikan semua penumpang juga demikian. Kalau mengajak anak-anak, wajib pakai kursi pengaman anak sesuai standar keamanan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Cianjur, Libur Lebaran Jadi Semakin Seru

Saat ada kejadian darurat, secepatnya hubungi Layanan Darurat 111 untuk polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans, serta 105 untuk Layanan Darurat Non-Urgensi termasuk polisi.

Perhatikan aturan Berkemah

Kamu tidak bisa sembarangan berkemah dengan lokasi sesuka hati, melainkan harus melakukannya di tempat kemah resmi yang telah ditetapkan.

Penggunaan aplikasi Rankers atau Campermate direkomendasikan Tourism New Zealand untuk menemukan tempat berkemah di seluruh Selandia Baru. 

Perlu diketahui, terdapat 13 taman nasional dan lebih dari 5 juta hektar tanah yang dilindungi di Selandia Baru. Ada lebih dari 250 area berkemah di bawah kelola Departemen Konservasi (DOC) yang bisa diakses campervan.

Menariknya lagi, lebih dari 160 tempat berkemah DOC berada di hutan, tepian danau, dan pantai berpasir. Selain sudah dapat dijangkau campervan, area tersebut juga telah dilengkapi toilet sehingga mendukung kenyamanan wisatawan.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak