Bau Nyale, Festival Cari Cacing Laut Sekaligus Jodoh di Lombok

Sama-sama 'licin', salah dikit bisa lepas.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Jum'at, 05 Oktober 2018 | 13:25 WIB
Festival Bau Nyale di Lombok (Wikipedia Commons)

Festival Bau Nyale di Lombok (Wikipedia Commons)

Guideku.com - Ketika sang putri cantik nan jelita melompat ke laut, saat itu pulalah festival Bau Nyale menjadi tradisi di Lombok yang terus dipertahankan suku Sasak dari tahun ke tahun.

Secara harfiah, Bau Nyale memang dapat diartikan ''menangkap cacing laut''. Lalu, apa hubungannya menangkap cacing laut dengan seorang putri cantik jelita?

Rupanya, perayaan festival Bau Nyale ini memang didasari legenda seorang putri bernama Putri Mandalika yang selain cantik, juga terkenal dengan kebijaksanaannya.

Baca Juga: Garuda Indonesia Travel Fair 2018, Banyak Tiket Murah Genks!

Hal ini mendorong pangeran dari berbagai negeri untuk datang dan meminang Putri Mandalika. Namun, tak kuasa menolak mereka, sang putri pun cemas jika para pangeran akan mulai berperang karena dirinya.

Tak ingin pertumpahan darah terjadi, maka Putri Mandalika pun memilih untuk mengorbankan dirinya sendiri dengan cara melompat ke laut.

Festival Bau Nyale di Lombok (instagram.com/ansori_jae)
Festival Bau Nyale di Lombok (instagram.com/ansori_jae)

 

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Guideku.com Saat di JIBB 2018

Mengetahui hal tersebut, para pangeran yang tadi hendak mempersuntingnya buru-buru ikut masuk ke laut untuk mencari tubuh sang putri. Sayang, yang mereka temukan hanyalah ribuan cacing laut yang diduga merupakan perwujudan sang putri.

Inilah yang mendasari festival Bau Nyale, yaitu saat ketika suku Sasak pergi ke bagian selatan dan timur pulau Lombok untuk menangkap nyale atau cacing laut.

Bukan cuma menangkap, sebelumnya para pria pun akan melakukan ritual perkelahian dengan menggunakan tameng dan rattan atau rotan (tongkat kayu).

Baca Juga: Djakarta Warehouse Project 2018 Kok di Bali? Ini Lho Alasannya

Ada pula acara menunggang kuda, selagi para perempuan berdandan dan berparade menggunakan baju tradisional suku Sasak.

Festival Bau Nyale di Lombok (instagram.com/mw.arch)
Festival Bau Nyale di Lombok (instagram.com/mw.arch)

 

Barulah setelah acara ritual di pesisir pantai usai, para lelaki dan perempuan ini akan berjalan ke arah lautan. Uniknya, di sini mereka juga akan mengadakan ajang berbalas pantun romantis hingga pemberian cindera mata kepada kekasih.

Baca Juga: Mengintip Uniknya Oleh-Oleh Berbau Seni Kontemporer di DGTMB

Jika beruntung, festival Bau Nyale ini juga akan memungkinkan seseorang untuk menemukan jodoh seumur hidupnya di saat festival berlangsung. Duh, para jomblo tertarik ikutan nggak, nih?

Nah, setelah tradisi berbalas pantun dan memberi hadiah itu selesai, barulah warga akan beramai-ramai mencari dan menjaring cacing laut.

Bagi suku Sasak, cacing laut ini dipercaya akan membawa kemakmuran, kecantikan, dan kesuburan. Sedangkan bagi mereka yang mengabaikan, maka hidup mereka konon akan dipenuhi petaka.

Festival Bau Nyale di Lombok (instagram.com/genpinusantara)
Festival Bau Nyale di Lombok (instagram.com/genpinusantara)

 

Cacing-cacing laut ini kemudian akan dimasak, antara lain dibuat menjadi sup, pepes cacing laut, emping, hingga obat kuat.

Tidak hanya itu, cacing laut ini juga akan ditebar di tanah pertanian untuk menyuburkan padi.

Yang mengejutkan, hal ini sudah pernah diteliti secara ilmiah. Hasilnya, cacing nyale dinyatakan mengandung protein hewani yang tinggi. Cacing nyale juga dapat membunuh kuman-kuman yang ada.

Buat kamu yang penasaran ingin menyaksikan festival ini atau barangkali ikut mencoba olahan cacing laut, kamu bisa berkunjung ke Lombok antara bulan Februari hingga Maret dan mencari informasi sebelumnya terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan festival Bau Nyale diadakan pada hari ke 20 bulan ke 10 pada kalender Sasak tradisional. Sehingga, tanggal festivalnya pun berbeda setiap tahun.

Tertarik untuk ikutan tradisi Bau Nyale di Lombok ini?

Berita Terkait TERKINI
Ada banyak promo menarik saat kamu memutuskan liburan pakai kartu kredit....
event | 16:59 WIB
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Tampilkan lebih banyak