Food

Mengapa Porsi Nasi Padang Selalu Lebih Banyak Saat Dibungkus?

Ini jawabannya!

Dany Garjito | Aditya Prasanda

Bungkus nasi padang. (Youtube Adi Irawan)
Bungkus nasi padang. (Youtube Adi Irawan)

Guideku.com - Tak sulit menemukan warung makan Padang nyaris di setiap kota, di seluruh Indonesia.

Hal ini pula yang menyebabkan jutaan orang Indonesia kecil kemungkinan tidak pernah mencicipi salah satu nasi terlezat sejagat raya ini. Entah itu nasi Padang abal-abal maupun nasi Padang dengan cita rasa asli nan istimewa.

Kenyataan di lapangan tak bisa ditampik, warung makan Padang KW lebih banyak bertebaran, sebab memasak nasi Padang asli bukan perkara sepele.

Namun demikian, ada satu benang merah yang acap kita temukan hampir di semua warung nasi Padang, baik KW maupun asli, yakni porsi nasi yang bejibun ketika dibungkus.

(Wikimedia Midori)
(Wikimedia Midori)

 

Usut punya usut, bukan tanpa sebab porsi nasi Padang begitu banyak ketika dibungkus, ada sejarah khusus yang melatari hal tersebut.

Berbagai sumber menyebut, rumah makan Padang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, saat itu disebut sebagai ampera, singkatan dari amanat penderitaan rakyat.

BACA JUGA: Filosofi di Balik Rendang, Salah Satu Masakan Terenak di Dunia

Sebab terkenal dengan cita rasanya nan lezat, konon kala itu rumah makan ampera selalu dipenuhi kaum Belanda yang makan di tempat.

Meski harga nasi Padang saat itu relatif murah, keberadaan kaum Belanda membuat banyak masyarakat pribumi segan makan dan berbaur di warung makan ampera.

Alhasil banyak masyarakat pribumi yang memilih membungkus nasi Padang agar dapat disantap di rumah.

(Instagram Wangjeanie)
(Instagram Wangjeanie)

 

Mengetahui hal ini, terbesit solidaritas para saudagar rumah makan ampera, nasi yang dibungkus sesama orang Indonesia dilebihkan, sebab tahu keadaan saat itu sama sulitnya.

BACA JUGA: Ada Haru di Balik Bakso, Kisah Sedih Makanan Favorit Banyak Orang

Dengan nasi yang dilebihkan, para saudagar rumah makan berharap nasi Padang porsi jumbo tersebut dapat disantap satu saudara se Tanah Air bersama keluarga mereka.

Nah, sekarang nggak perlu heran lagi ya mengapa porsi nasi Padang yang dibungkus begitu berlimpah.

Berita Terkait

Berita Terkini