Belajar dari Youtube, Mikael Jasin Siap Berlaga di Kejuaraan Barista Dunia

Barista harus bisa terus belajar dengan cara apapun.

Dany Garjito
Selasa, 19 Maret 2019 | 21:30 WIB
Mikael Jasin siap bertarung di kejuaraan barista dunia di Amerika Serikat, pada 11-14 April 2019. (Suara.com/Firsta Nodia)

Mikael Jasin siap bertarung di kejuaraan barista dunia di Amerika Serikat, pada 11-14 April 2019. (Suara.com/Firsta Nodia)

Guideku.com - Barista menjadi profesi yang tergolong diminati milenial. Imej keren dan bisa menjadi profesi sampingan saat kuliah merupakan beberapa alasan yang membuat milenial ingin menjadi barista.

Nah, biasanya untuk menjadi barista, seseorang akan menjalani pelatihan khusus sehingga mampu mengenal jenis kopi dan meramunya. Hal ini rupanya tak berlaku bagi penyabet gelar Indonesia Barista Champion 2019, Mikael Jasin.

Menyandang gelar sebagai barista terbaik lewat Indonesia Coffee Event 2019, Mikael nyatanya cukup mempelajarinya dari tutorial di Youtube.

Baca Juga: Segini Gaji Barista Versi Mikael Jasin, Indonesia Barista Champion 2019

Pria kelahiran 1990 ini mengaku tak pernah ikut sekolah khusus barista. Menurut Mikael Jasin, cara belajar apapun bisa ditempuh asal seseorang memiliki keinginan kuat untuk memperbarui wawasannya.

Mikael Jasin siap bertarung di kejuaraan barista dunia di Amerika Serikat, pada 11-14 April 2019. (Suara.com/Firsta Nodia)
Mikael Jasin siap bertarung di kejuaraan barista dunia di Amerika Serikat, pada 11-14 April 2019. (Suara.com/Firsta Nodia)

"Menurut saya penting sebagai barista harus bisa terus belajar dengan cara apapun. Saya nggak pernah sekolah barista tapi rajin nonton tutorial di youtube dan belajar dari situ. Jadi yang penting terus update knowledgenya jangan pernah merasa puas," kata Mikael Jasin dalam temu media beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Suara.com.

Mikael Jasin pun mengatakan bahwa keputusan awalnya menjadi barista, karena kebutuhan pemasukan tambahan saat masih kuliah. Seiring dengan berjalannya waktu, Mikael Jasin merasa bahwa profesi ini merupakan panggilan hidupnya.

Baca Juga: Duh, Berkunjung ke New York, Patricia Gouw Dipalak Sopir Taksi

Alasan itu juga yang membuat Mikael Jasin menggeluti profesi ini lebih dalam hingga akhirnya menduduki jabatan manager di sebuah gerai kopi.

"Ambil S1 jadi barista, ambil S2 jadi barista lagi. Jadi, memang ngerasa panggilan hidup. Jadi diperdalam lagi, nggak cuma di belakang mesin espresso tapi lebih luas lagi berhubungan dengan petani kopi," ungkap Mikael Jasin panjang lebar.

Lantas, cerita seru apalagi yang dikemukakan Mikael Jasin tentang perjalanan kariernya menjadi barista? Baca halaman selanjutnya ya!

Baca Juga: Kisah 4 Bayi Lahir di Pesawat, Salah Satunya Presenter Terkenal Indonesia

Berita Terkait TERKINI
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Konsumsi makanan pedas ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan jantung....
food | 14:30 WIB
Mau coba bikin sandwich telur lipat? Simak resep yang dibagikan Chef Devina Hermawan berikut....
food | 12:45 WIB
Catat tempat dan tanggalnya ya!...
food | 17:13 WIB
Bisa jadi alternatif pengganti nasi, inilah beberapa sumber karbohidrat yang juga kaya nutrisi....
food | 17:26 WIB
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Tampilkan lebih banyak