Lion Air Kerap Delay dan Kecelakaan, Jokowi Digugat

Gugatan dikenal sebagai Citizen Lawsuit.

Dany Garjito
Kamis, 24 Januari 2019 | 18:00 WIB
Ilustrasi Penumpang Ketinggalan Pesawat (Pixabay/Yogasdesign)

Ilustrasi Penumpang Ketinggalan Pesawat (Pixabay/Yogasdesign)

Guideku.com - Jokowi digugat ke pengadilan karena Lion Air sering delay dan kecelakaan. Gugatan tersebut dilayangkan Tim Advokasi Keamanan dan Keselamatan Penerbangan (TAKKP).

Dilansir dari Suara.com, TAKKP juga melayangkan gugatan pada Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan diajukan sebab Jokowi dan Jusuf Kalla dinilai tidak tegas dalam mengawasi operasional Lion Air hingga seringkali mengalami kecelakaan hingga delay pesawat.

Edy Kurniya Djati selaku Kuasa Hukum TAKKP mengatakan, pihaknya mewakili salah seorang WNI bernama Hermawanto mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap penyelenggara negara atau dikenal Citizen Lawsuit. Dalam hal ini, Jokowi dinilai tidak tegas dalam melakukan pengawasan terhadap operasional Lion Air.

Baca Juga: Wawancarai Korban Tsunami Selat Sunda, 'Pagi pagi Pasti Happy' Ditegur KPI

"Kami mewakili salah satu Warga Negara Indonesia yaitu Hermawanto. Gugatan diajukan karena adanya kelalaian yang dilakukan oleh penyelenggara negara dalam hal ini presiden," ujar Edy di PN Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019), dikutip dari Suara.com.

Penggugat Jokowi karena Lion Air sering delay, Kuasa Hukum TAKKP Edy Kurniya Djati. (Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkara)
Penggugat Jokowi karena Lion Air sering delay, Kuasa Hukum TAKKP Edy Kurniya Djati. (Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkara)

 

Gugatan tersebut disampaikan langsung ke PN Jakarta Pusat dengan nomor perkara 36/PDT.GBTH.PLW/2019/PNJKT.PST. Tak hanya Jokowi dan Jusuf Kalla yang digugat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih Pramesti dan PT Lion Mentari Airlines atau Lion Air.

Baca Juga: Sederhana, Ini 5 Gaya Liburan Nicholas Sean, Putra Basuki Tjahaja Purnama

Menurut Edy, para penyelenggara tidak mampu menjalankan fungsi pengawasan terhadap keselamatan penyelenggaraan penerbangan Lion Air.

BACA JUGA: Kompak Maksimal, Begini 5 Foto Liburan Hijrah Squad di Palembang

Tak hanya itu, Lion Air juga dinilai kerap mengalami delay atau penundaan penerbangan cukup sering hampir di semua maskapai penerbangan. Edy melihat, selama ini pemerintah tidak bergeming bahkan justru membiarkan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh Lion Air.

Baca Juga: Belai Kucing Liar saat Liburan, Wanita Ini Mendadak Lumpuh

"Kelalaian ini menjadi dasar untuk menentukan bahwa pemerintah telah melakukan perbuatan melanggar hukum," ujar Edy.

BACA JUGA: Bikin Ikutan Lapar, Ini Dia 5 Vlogger Kuliner Paling Hits di Indonesia

Edy menegaskan dalam gugatan ini pihaknya tidak meminta ganti rugi secara materiil. Mereka ingin agar pemerintah dapat memberikan sanksi yang tegas terhadap maskapai yang telah merusak citra penerbangan Indonesia.

Baca Juga: Telat Masuk Kerja, Pilot Ini Coba Masuk Kokpit Lewat Jendela Pesawat

"Jadi intinya kalau gugatan CLS ini kita tidak meminta adanya gugatan materiil tapi tuntutan terhadap penyelenggara negara, salah satunya memberikan sanksi terhadap Lion Air," terang Edy.

SUARA.com/Chyntia Sami Bhayangkara

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak