Travel

Gunung Lembu, Memandang Lanskap Waduk Jatiluhur dari Ketinggian

Terletak di Kecamatan Sukatani, Gunung Lembu memiliki ketinggian 792 mdpl.

Silfa Humairah | Fitri Asta Pramesti

Gunung Lembu Purwakarta. (instagram.com/jejakelana)
Gunung Lembu Purwakarta. (instagram.com/jejakelana)

Guideku.com - Terletak di Jawa Barat, Purwakarta merupakan sebuah kabupaten yang terkenal memiliki deretan wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Waduk Jatiluhur hingga Cikao Park Purwakarta.

Bicara soal destinasi wisata di Purwakarta, ada kawasan pegunungan yang menarik untuk dikunjungi bagi yang ingin melipir dari hiruk pikuk kota.

Terletak di Kecamatan Sukatani, tepat wisata yang menawarkan suasana adem nan asri serta cocok bagi penyuka kegiatan outdoor ini bernama Gunung Lembu.

Memiliki ketinggian 792 mdpl, para pendaki Gunung Lembu bisa menikamti lanskap waduk Jatiluhur dari ketinggian.

Selain itu, ada juga spot menarik yang wahib dikunjungi pendaki yang berhasil menaklukan puncak yakni Batu Lembu.

Gunung Lembu Purwakarta. (instagram.com/jejakelana)
Gunung Lembu Purwakarta. (instagram.com/jejakelana)

Batu besar ini bisa membuat kita memandang lebih jauh panorama yang tersaji di bawah Gunung Lembu.

Soal trek pendakian, disebutkan jalur menuju puncak Gunung Lembu terbilang cocok untuk dilalui oleh pendaki pemula. Meskipun begitu, para pendaki tetap harus memprioritaskan keselamatan dengan membawa peralatan yang memadai, ya.

Ada dua opsi jalur pendakian yang bisa dipilih untuk bisa mencapai puncak, yakni jalur Batu Lembu dan jalur Pasirompang. Kedua jalur ini punya medan dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Gunung Lembu Purwakarta. (instagram.com/jejakelana)
Gunung Lembu Purwakarta. (instagram.com/puputputriyana_w01)

Jalur Pasirompang terhitung jalur yang lebih mudah, di pos ini pun tersedia beragam fasilitas yang bisa digunakan pendaki unutk melepas lelah seperti rumah pohon, saung, hingga mushola.

Sementara, untuk jalur Batu Lembu dikatakan memiliki medan yang lebih sulit lantaran kemiringan tanahnya mencapai 60 derajat.

Bagi yang tertarik untuk menepi dari rutinitas dan merasakan ademnya suasana Gunung Lembu, bisa langsung tancap gas ke dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani. Selamat mendaki!

Berita Terkait

Berita Terkini