Travel

5 Negara Destinasi Wisata dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia!

Biaya hidup murah, liburan di negara ini juga nggak akan menguras kantong!

Dany Garjito

Negara dengan Biaya Hidup Termurah Unsplash
Negara dengan Biaya Hidup Termurah Unsplash

Guideku.com - Liburan ke luar negeri tentu nggak asyik bila hanya dilakukan dalam waktu sehari saja. Tapi dilemanya seringkali kalau terlalu lama liburan, uangmu juga akan cepat habisnya! 

Tapi sebenarnya tergantung kamu pilih negara mana yang menjadi destinasi wisatamu, sebab ada beberapa negara yang biaya hidupnya rendah. 

Liburan di negara ini bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang banyak. Sebab negara-negara ini dikenal memiliki biaya hidup yang murah.

Dilansir dari Business Today, berikut negara destinasi wisata dengan biaya hidup termurah di dunia!

Afrika Selatan

Liburan di Afrika Selatan, khususnya Cape Town, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 5 juta untuk biaya hidup per bulan. 

Lalu untuk sewa satu kamar tidur apartemen, rata-rata harga yang harus dibayar sekitar Rp 3.5 juta per bulan. Bahan makanan dan barang-barang konsumsi di sini juga lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar di negara lain.

Filipina

Negara destinasi wisata dengan biaya hidup termurah di dunia berikutnya adalah Filipina. Meski nilai tukar mata uangnya lebih tinggi dibanding Indonesia, tapi standar biaya hidup di Filipina tergolong sama bahkan lebih murah.

Misalnya harga kamar pinggir pantai dengan akses pantai pribadi di Palawan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 600 ribuan saja. Sementara harga hotel di pusat kota bisa kamu temukan mulai dari Rp 150 ribuan.

India

Negara dengan Biaya Hidup Termurah Unsplash
Negara dengan Biaya Hidup Termurah Unsplash

India juga menjadi salah satu negara destinasi wisata dengan biaya hidup yang murah. 

Dengan Rp 250 ribu saja, kamu sudah bisa naik kereta api berpendingin ruangan. Makanan dan penginapan juga tak jauh dari harga yang Anda bayar jika liburan di Indonesia.

Taiwan

Meskipun Taiwan belum menjadi destinasi wisata favorit turis Indonesia. Tapi sebenarnya biaya hidup di Taiwan tergolong jauh lebih murah dibandingkan dengan Jepang dan China.

Bahkan dapat dikatakan hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia. Di Taiwan khususnya Taipei, kamu bisa mendapatkan harga sewa penginapan mulai dari Rp 150 ribu.

Walau begitu untuk transportasi di Taiwan memang tergolong lebih mahal dari Indonesia. Tapi sistem transportasi di Taiwan sudah sangat terintegrasi, bersih dan sangat terjadwal.

Malaysia

Standar biaya hidup di Malaysia kurang lebih sama seperti di Indonesia.

Misalnya, harga 1 botol air mineral di Malaysia berkisar dari RM 1-1.5 atau jika di rupiahkan berkisar Rp 3.000 hingga Rp 4.500 per botolnya. Anda juga bisa menemukan makanan mulai dari RM 2.5, seperti misalnya roti canai.

Tarif menginap di hotel bintang dua mulai dari Rp 145 ribu dan hotel bintang tiga pun kurang lebih sama dengan Indonesia, sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per malam.

SUARA.com/Dian Kusumo Hapsari

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Ini Daftar 9 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia

Berita Terkait

Berita Terkini