Observatorium Bosscha, Bandung: Harga Tiket dan Jadwal Kunjungan Malam

Mengetahui tiket tarif masuk observatorium Boscha termasuk jadwal kunjungan siang dan malam

Caca Kartiwa
Sabtu, 25 November 2023 | 11:30 WIB
Observatorium Bosscha Bandung (Instagram/ @bosschaobservatory)

Observatorium Bosscha Bandung (Instagram/ @bosschaobservatory)

Guideku.com - Observatorium Bosscha, yang dulunya merupakan pusat penelitian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB, Bandung, kini menjadi destinasi edukatif bagi masyarakat umum.

Merupakan observatorium tertua dan terbesar di Indonesia, Bosscha memulai perjalanannya pada tahun 1923 hingga 1928, dengan fokus utama pada peningkatan pengetahuan astronomi di kalangan masyarakat Hindia-Belanda.

Terletak di ketinggian 1.310 mdpl dengan luas 6 hektar, Bosscha terkenal dengan atap unik berbentuk kubah berdiameter 14,5 meter dan berat 56 ton.

Baca Juga: Orchid Forest Cikole: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional, Opsi Isi Liburan Akhir Tahun

Sejarah mencatat Karel Albert Bosscha, seorang dosen ITB, yang bahkan menyumbangkan dana untuk pembelian teropong di tempat ini. Dengan sekitar 10 teleskop aktif, beberapa di antaranya digunakan untuk menyambut pengunjung.

Bagi Anda yang berniat berkunjng, harga tiket masuk ke Observatorium Bosscha sangat terjangkau, dengan dua opsi tersedia: kunjungan siang seharga Rp 15.000 per orang, dan kunjungan malam seharga Rp 20.000 per orang*.

Program kunjungan siang dapat dilakukan kapan saja, sementara kunjungan malam hanya dibuka selama musim kemarau, mulai bulan April hingga Oktober. Pastikan untuk mendaftar jauh-jauh hari sebelum kunjungan Anda.

Baca Juga: Nostalgia Masa SMA? 5 Film Romansa Remaja Ini Bikin Kamu Susah Move On dan Cocok Ditonton Akhir Tahun!

Observatorium Bosscha menerima kunjungan pada hari Selasa-Jumat (3 sesi kunjungan) untuk sekolah, instansi, atau organisasi dengan kapasitas 180 pengunjung per sesi.

Hari Sabtu (4 sesi kunjungan) hanya menerima kunjungan perorangan, keluarga, atau kelompok kurang dari 25 orang dengan kapasitas 90 pengunjung per sesi.

Pendaftaran dapat dilakukan maksimal satu bulan sebelum kunjungan, dengan konfirmasi melalui email. Pembayaran dilakukan secara tunai pada hari kunjungan.

Baca Juga: Mengetahui Perbedaan Mendasar Antara Kopi Robusta dan Arabica

Lokasi Observatorium Bosscha terletak di area wisata De Ranch dan Farm House Lembang, di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Akses mudah dengan kendaraan pribadi atau umum. Bus atau kendaraan besar dapat mencapai gerbang bawah observatorium, diikuti dengan jalan kaki sekitar 800 meter melalui gerbang atas.

Jam operasional Observatorium Bosscha dapat dilihat sebagai berikut:

Kunjungan Siang:
Selasa-Kamis: 09.00-10.30, 11.00-12.30, 13.00-14.30 WIB (kapasitas 180 orang).

Jumat: 09.00-10.30, 13.00-14.30 WIB (kapasitas 180 orang).

Sabtu: 09.30-10.30, 10.45-11.45, 12.00-12.45, 13.00-14.00 WIB (kapasitas 90 orang).

Kunjungan Malam:
Bulan April, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober pada tanggal tertentu, dibuka pukul 17.00-20.00 WIB (kapasitas 180 orang).

Meski jadwalnya cukup rumit, Observatorium Bosscha tetap menjadi destinasi favorit para wisatawan yang tertarik dengan keindahan alam semesta.

Pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda dengan memperhatikan jadwal dan jam operasional yang telah diuraikan di atas.

*Harga tiket dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu, pastikan menghubungi pihak terkait untuk informasi lebih lanjut.

 

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak