Harga Tiket Masuk Sanghyang Kenit Bandung yang Disebut Seindah Sungai Aare di Swiss

Tiket masuk dan jam operasional Sanghyang Kenit Bandung yang keindahannya disebut setara Sungai Aare di Swiss

Caca Kartiwa
Senin, 27 November 2023 | 14:00 WIB
Sungai Sanghyang Kenit, Bandung Barat (Instagram/ @indri.tsa)

Sungai Sanghyang Kenit, Bandung Barat (Instagram/ @indri.tsa)

Guideku.com - Negara Swiss dikenal, salah satunya, oleh pesona alam yang luar biasa, termasuk Sungai Aare.

Sungai Aare, sungai terpanjang di Swiss dengan panjang mencapai 291,5 kilometer, berhulu dari gletser Oberaar di Alpen Bernese timur.

Sungai ini mengalir melewati danau-danau seperti Brienz dan Thun, melintasi ibu kota federal Bern, dan bermuara ke Sungai Rhine di Koblenz, Swiss bagian barat laut.

Baca Juga: Eksplorasi Keunikan Desa Nagybakonak di Hungaria: Sentuhan ala Indonesia di Eropa

Rute Sungai Aare juga melalui kota-kota menarik seperti Meiringen, Interlaken, Thun, Solothurn, dan Aarau.

Pemandangan alam yang indah, lembah dalam yang terukir dengan indah, dan air yang jernih menjadikan Sungai Aare daya tarik wisata yang tak terbantahkan.

Beberapa bagian sungainya bahkan dapat dinavigasi menggunakan perahu penumpang, termasuk dari danau Biel hingga Solothurn.

Baca Juga: Viral Curhatan Penumpang Pesawat, Lipstik Rp1,7 Juta Disita Petugas Bandara

Bagi Anda yang belum berkesempatan mengunjungi Swiss, Bandung memiliki "kembaran" Sungai Aare yang mempesona, yaitu Sungai Sanghyang Kenit yang berlokasi di Cisameng Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Sungai ini berawal dari pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rajamandala di Cisameng. Sungai Sanghyang Kenit menawarkan berbagai wahana air seperti berenang, river tubing, dan jelajah gua. Pengunjung juga dapat berkemah di sepanjang sungai ini.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, cukup dengan Rp8.000, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Sungai Sanghyang.

Baca Juga: The Sound of Colors 2 Digelar 3 Desember 2023: Info Harga Tiket dan Line Up

Bagi pecinta wahana air, sungai ini menyediakan fasilitas pelampung dan ban yang dapat disewa dengan harga yang bersahabat, Rp10.000 untuk ban dan Rp5.000 untuk pelampung.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati gua purba yang menjadi bagian dari sungai ini, tempat aliran sungai bawah tanah dengan reruntuhan batuan kapur yang memukau.

Dengan jarak sekitar 47 kilometer dari pusat kota Bandung, perjalanan menuju Sungai Sanghyang Kenit memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota untuk kondisi lalu lintas normal.

Sebuah pengalaman alam yang serupa dengan keelokan Sungai Aare di Swiss dapat dinikmati tanpa harus pergi begitu jauh.

 

Berita Terkait TERKINI
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Garut ini menawarkan berbagai atraksi alam, kuliner lezat, dan kegiatan seru untuk pengunjung yang ingin menghabiskan wa...
travel | 19:34 WIB
Jika kamu belum menentukan destinasi wisata untuk libur Tahun Baru, bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berada d...
travel | 19:20 WIB
Terdapat sejumlah destinasi wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan untuk anak-anak selama liburan....
travel | 08:49 WIB
Dirangkum oleh Guideku, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi saat libur Natal dan Tahun ...
travel | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak