Event

Tenggelam dalam Rahasia Kenikmatan Kopi di GAMIFest 2018

Pecinta kopi, ayo merapat ke Aceh!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

GAMIFest 2018 (instagram.com/gayoalasfest)
GAMIFest 2018 (instagram.com/gayoalasfest)

Guideku.com - Tinggal menghitung hari, dan GAMIFest 2018 akan resmi digelar di Dataran Tinggi Gayo pada 14 September hingga 24 November nanti.

GAMIFest atau Gayo Alas Mountain International Festival, adalah sebuah perhelatan yang bertujuan untuk lebih mengenalkan budaya Aceh kepada masyarakat Indonesia dan wisatawan.

Melibatkan 4 kabupaten di Aceh, acara ini akan diramaikan oleh sejumlah festival seni, olahraga, turisme, dan aneka kompetisi lainnya.

Salah satu dari festival yang akan diadakan tersebut adalah Coffee Festival.

Ilustrasi Kopi Gayo (instagram.com/herfian_susanto)
Ilustrasi Kopi Gayo (instagram.com/herfian_susanto)

Memang, selain aneka macam seni dan budaya, Aceh juga memiliki perkebunan kopi terluas di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, kopi pun merupakan produk warisan masyarakat Gayo.

Sebagai daerah yang terkenal akan kelezatan kopinya, tidak heran jika Gayo Barista Community (GBC) meminta agar acara Coffee Festival nanti bukanlah sekadar pameran produk kopi biasa.

Alih-alih, GBC berharap agar festival ini dapat lebih mengedukasi pengunjung tentang proses pembuatan kopi dari awal hingga menjadi produk yang bisa dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan masyarakat Gayo selama ini bertahan hidup dari budidaya dan usaha kopi yang mereka miliki.

Menurut perwakilan GBC, adanya edukasi mengenai kopi bagi pengunjung akan membuat acara GAMIFest 2018 ini menjadi lebih berbobot.

GAMIFest 2018 (instagram.com/gayoalasfest)
GAMIFest 2018 (instagram.com/gayoalasfest)

Dilansir dari akun instagram @gayoalasfest, saat ini sudah terdapat dua acara yang akan diadakan sehubungan dengan kopi sebagai minuman kebanggaan masyarakat Gayo.

Yang pertama adalah Coffee and Culinary Festival yang akan digelar di Takengon pada tanggal 15-19 September mendatang.

Sedangkan yang kedua adalah Festival Panen Kopi yang akan dilakukan di Bener Meriah pada 6 dan 7 Oktober 2018.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada konfirmasi maupun tanggapan lebih lanjut atas permintaan Gayo Barista Community tersebut.

GAMIFest 2018 sendiri akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri para menteri kabinet pada tanggal 14 September nanti.

Bagaimana menurutmu, teman travelers? Apa kamu tertarik untuk belajar mengenai rahasia di balik kenikmatan kopi lebih dalam lagi?

Berita Terkait

Berita Terkini