Jangan Liburan ke Pulau Komodo Kalau Belum Baca Tips Ini

Punya pesona alam yang indah dan menjadi habitat fauna langka berdarah dingin, ternyata ada hal yang harus kamu ketahui sebelum pergi berlibur ke Pulau Komodo.

Rendy Adrikni Sadikin | Arendya Nariswari
Jum'at, 13 Juli 2018 | 16:13 WIB
Pulau Komodo/Instagram @southasiaexplorer.

Pulau Komodo/Instagram @southasiaexplorer.

Guideku.com - Pulau Komodo merupakan suatu wilayah yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau yang memiliki luas wilayah sebesar 390 kilometer persegi ini juga dikenal sebagai habitat asli hewan Komodo.

Banyaknya jumlah Komodo yang hidup di pulau ini, membuat pemerintah pusat kemudian menjadikan Pulau Komodo sebagai kawasan Taman Nasional Komodo untuk melindungi hewan langka ini dari perburuan liar.

Pada 2011, Taman Nasional Komodo resmi dinobatkan sebagai pemenang  New Seven Wonders of Nature atau 7 keajaiban alam di dunia. Tidak bisa ditemui di negara lain, Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak mendapatkan kunjungan dari turis mancanegara.

Baca Juga: 5 Lokasi Kuil yang Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur ke Thailand

Pulau Komodo/Instagram @rickykurniawanprasodjo.
Pulau Komodo/Instagram @rickykurniawanprasodjo.

Hamparan padang savana dan pemandanganya yang indah, menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa wisatawan. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kalian mengunjungi Pulau Komodo ini. 

Karena memiliki penghuni reptil berdarah dingin, tentunya ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui sebelum berlibur ke Pulau Komodo.

Berikut beberapa tips yang telah dirangkum oleh Guideku.com, Jumat (13/7/18) terkait apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika berlibur ke Pulau Komodo.

Baca Juga: Serunya Liburan ke Karimunjawa Naik Kapal PELNI

Hal yang sebaiknya dilakukan

1. Pesanlah kapal jauh hari sebelum jadwal kepergian

Usahakan untuk memesan kapal dari Flores ke Pulau Komodo 1-2 bulan sebelum kalian berkunjung ke lokasi tersebut. Biasanya, ketika liburan musim panas atau hari libur Pulau Komodo akan dipenuhi wisatawan. Jangan sampai kamu sudah jauh-jauh datang ke Flores tapi gagal ke Pulau Komodo karena seluruh kapal telah habis dipesan.

Baca Juga: Nggak Cuma Yogyakarta, 5 Kota Ini Punya Kebun Bunga yang Indah

2. Rajin olahraga sebelum liburan ke Pulau Komodo

Pulau Komodo memiliki area yang sangat luas dan membutuhkan tenaga yang cukup banyak untuk kita berjalan kaki. Untuk kalian yang tidak terbiasa hiking atau olahraga, sebaiknya mulailah melakukan olahraga ringan secara rutin agar saat tiba di Pulau Komodo nanti kalian bisa menjelajah Pulau Komodo secara keseluruhan.

3. Bawalah baterai cadangan dan usahakan gadgetmu full battery saat berlibur

Baca Juga: Dari Algarve hingga Australia, Liburan Asyik ala Pesohor Kelas A

Liburan jauh ke Flores, jangan sampai kamu tidak mengabadikan foto dengan latar belakang keindahan Pulau Komodo, dijamin rugi banget. Usahakan kameramu dalam keadaan full battery atau bawalah baterai cadangan untuk mengantisipasi jika baterai kameramu tiba-tiba habis di tengah jalan.

4. Datanglah pada bulan-bulan ini

April - Juni : Cocok untuk mengunjungi Pulau Komodo karena musim hujan diperkirakan telah berakhir. Kalian bisa melihat Komodo sekaligus melakukan aktivitas diving di sini. Nggak cuma diving, di bulan ini kamu bisa menyaksikan pertunjukan tradisional Etu di beberapa desa di Pulau Komodo.

Juli - Agustus : Bulan ini biasanya Pulau Komodo ramai dikunjungi turis karena memasuki musim kawin Komodo, dimana kamu akan lebih mudah menemui keberadaan mereka.

Oktober : Di bulan ini, kamu bisa sedikit merasakan situasi Pulau Komodo dengan tidak begitu ramainya turis yang datang. Untuk kamu yang hobi diving, kalian masih bisa menemui Paus dan Ikan Pari Manta di sini.

Pulau Komodo/Instagram @komodoisland.
Pulau Komodo/Instagram @komodoisland.

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan

1. Jangan Jalan Sendirian

Jangan sekali-kali kalian iseng untuk jalan sendirian meskipun berada di area track khusus pengunjung. Usahakan untuk berjalan di dekat para polisi hutan yang bertugas di Pulau Komodo. Polisi hutan di Pulau Komodo ini biasanya menggunakan seragam lengkap berwarna abu dan selalu membawa tongkat ketapel untuk menghalau komodo yang menyerang turis.

2. Peraturan untuk wanita yang harus lebih waspada jika sedang haid

Usahakan untuk teratur menjadwal siklus haid, khusus teman-teman wanita. Biasanya pengunjung wanita yang sedang dalam masa awal haid akan dilarang untuk melakukan perjalanan di wilayah Taman Nasional karena Komodo sangat peka terhadap bau darah, meskipun jaraknya jauh. Reptil langka ini dapat menjadi agresif jika mencium bau darah.

3. Jangan pakai parfum atau membawa barang berbau menyengat

Hewan Komodo nggak cuma peka terhadap bau darah, reptil yang satu ini sangat peka terhadap bau-bau yang menyengat termasuk parfum yang wangi sekalipun. Jadi usahakan untuk tidak menggunakan parfum dengan aroma yang tajam karena akan membahayakan dirimu sendiri ketika sedang berada di Taman Nasional Komodo.

4. Dikejar Komodo? Jangan naik ke atas pohon

Sebagai habitat dan Taman Nasional Komodo, tempat ini tidak kemudian memiliki batas berupa pagar maupun kandang. Di tempat ini semua Komodo bebas berjalan-jalan tanpa pembatas. Meskipun jarang menyerang manusia, Polisi Hutan di sini tetap menghimbau dan memberikan alternatif  bagaimana cara menghadapi kemungkinan paling buruk dikejar oleh Komodo

Jangan pernah mencoba untuk naik ke atas pohon untuk menghindari kejaran hewan yang satu ini. Memiliki tubuh yang panjang dan kuat, Komodo bisa sangat mudah menangkapmu meskipun kamu berada di atas pohon. Usahakan untuk lari ke rumah panggung yang ada di wilayah Taman Nasional, dimana rumah ini emang didesain agar Komodo tidak dapat naik dengan mudah.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak