Food

Seluk Beluk Michelin Star, Anugerah Tertinggi di Jagad Kuliner

Seperti apa?

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Wikimedia Keram)
(Wikimedia Keram)

Guideku.com - Tak mudah memperoleh penghargaan tertinggi di bidang kuliner, Michelin Star.

Beragam penilaian ketat dari tata penyajian hingga cita rasa dan kualitas makanan menjadi syarat mutlak untuk menyabet titel bergengsi ini.

Tak heran koki-koki di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba menyajikan hidangan terbaiknya demi memperoleh bintang Michelin.

Sebab, saat Michelin Star tersemat, ada jaminan mengapa harga tinggi dipatok dalam menu yang disajikan dan pengunjung punya alasan kuat untuk kembali ke restoran tersebut.

Hari ini Michelin Star telah memberikan penghargaan ke begitu banyak restoran berkualitas di 35 negara di berbagai belahan dunia.

Lantas benarkah hanya restoran mewah saja yang dapat memperoleh Michelin Star? Berikut Guideku.com sajikan 4 fakta soal Michelin Star. Apa saja?

1. Diusung Michelin bersaudara dari Perancis

Pada tahun 1990, kondisi jalanan Kota Perancis tergolong sepi kendaraan.

Membaca peluang tersebut, pemilik perusahaan ban, dua bersaudara Edouard Michelin dan Andre Michelin menelurkan sebuah inovasi untuk mendongkrak minat masyarakat berkendara di Kota Mode.

Mereka menerbitkan Michelin Guide, buku panduan bagi pengendara yang berisi informasi lengkap menyoal peta, instruksi perbaikan ban, daftar bengkel, pom bensin, tempat penginapan hingga restoran terbaik di Perancis yang dapat dikunjungi setiap wisatawan.

Berawal dari buku panduan tersebut, Michelin Star kemudian diciptakan sebagai standar bagi restoran dan menu-menu berkualitas di seluruh penjuru dunia.

2. Tiga bintang Michelin

(Wikimedia Free Photos)
(Wikimedia Free Photos)

 

Michelin Star memberikan penghargaan dalam tiga kategori, masing-masing yakni bintang 1, bintang 2 hingga bintang 3.

Jika memperoleh bintang 1, restoran tersebut dianggap sebagai tempat makan yang patut disambangi saat bertandang ke sebuah kota.

Sedangkan bintang 2 menandakan restoran tersebut dinilai memiliki hidangan berkualitas tinggi yang membutuhkan keterampilan khusus dalam penyajiannya.

Dan terakhir, bintang 3 menandakan restoran ini wajib masuk itenarary kamu sebab memiliki masakan yang dihasilkan dengan bahan terbaik dan sempurna.

3. Inspektur kuliner

Untuk memperoleh bintang Michelin, otoritas penghargaan menurunkan tim penilai khusus yang akan menginspeksi restoran secara diam-diam.

Konon, koki dan pihak restoran bahkan tak tahu sama sekali saat tengah dinilai.

Michelin Star menyebarkan sekitar 120 inspektur di berbagai negara yang siap menilai cita rasa, harga, dan teknik pengolahan makanan tersebut.

4. Restoran murah pun bisa sabet Michelin

(Wikimedia Free Photos)
(Wikimedia Free Photos)

 

Tak hanya restoran mewah, Michelin Star juga dapat disematkan pada restoran low budget.

Delapan dari sepuluh makanan tersebut konon berada di restoran-restoran yang tersebar di selatan dan timur Asia.

Harga yang dipatok berkisar 3 Dollar atau setara Rp 44 ribu.

Berita Terkait

Berita Terkini