Lokasi Rumah Jeng Yah 'Gadis Kretek' yang Kerap Disangka CGI

banyak penonton menyangka bahwa rumah dalam miniseri Gadis Kretek, seperti kediaman Jeng Yah, merupakan rekayasa digital atau CGI.

Caca Kartiwa
Selasa, 28 November 2023 | 17:00 WIB
Rumah yang jadi lokasi syuting series Gadis Kretek (Instagram/ @adityaindi)

Rumah yang jadi lokasi syuting series Gadis Kretek (Instagram/ @adityaindi)

Guideku.com - Miniseri Gadis Kretek jadi perbincangan bukan karena cerita dan akting para pemain yang berkualitas, tapi juga hal lain seperti lokasi syutingnya.

Menampilkan pemandangan indah, dengan bangunan bergaya lama, banyak penonton menyangka bahwa rumah dalam miniseri Gadis Kretek, seperti kediaman Jeng Yah, merupakan rekayasa digital atau CGI.

Nyatanya rumah tersebut nyata adanya dan merupakan eks Rumah Dinas Residen Kedu.

Baca Juga: Hallgrimskirkja: Simbol Keagungan Arsitektur Islandia yang Megah bak Film Fantasi

Tak hanya indah, bangunan yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 1, Kota Magelang, ini memainkan peran penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Rumah Dinas Residen Kedu, yang juga menjadi bagian dari eks Kompleks Kantor Karisidenan Kedu, telah menjadi saksi bisu sejarah sejak dibangun pada tahun 1813-1921 pada masa kolonial Belanda.

Dengan usia lebih dari dua abad, bangunan ini telah mengalami renovasi namun tetap mempertahankan arsitektur aslinya.

Baca Juga: Rekomendasi Kue Pukis Enak dan Legit di Bandung, Teman Ngemil Saat Musim Hujan

Rancangan dari arsitek Belanda, J.C Schulze, menciptakan bangunan dengan gaya indis yang memadukan empire style dan gaya lokal.

Gaya lokal terlihat pada atap bangunan berbentuk limasan dan banyaknya jendela besar untuk menyokong iklim tropis. Terdapat juga teras di bagian depan dan belakang, dilengkapi dengan halaman yang luas.

Orientasi rumah menghadap ke barat, memungkinkan penghuni menikmati panorama Gunung Sumbing, Perbukitan Giyanti, Sungai Progo, serta persawahan.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Sanghyang Kenit Bandung yang Disebut Seindah Sungai Aare di Swiss

Kompleks eks Kantor Karisidenan Kedu, termasuk Rumah Dinas Residen Kedu, memiliki nilai sejarah signifikan terkait perjuangan kemerdekaan.

Selama periode 1825-1830, kompleks ini menjadi saksi perang di sekitar Karisidenan Kedu.

Salah satu bangunan di kompleks ini bahkan menjadi tempat perundingan antara Pangeran Diponegoro dengan Belanda, di mana Pangeran Diponegoro akhirnya ditangkap.

Seiring dengan berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di kompleks ini, Museum Diponegoro didirikan untuk mengenang perjuangan Pangeran Diponegoro.

Koleksi museum mencakup barang-barang miliknya, seperti kursi dengan bekas cakaran kuku yang mencerminkan kemarahan Diponegoro terhadap Belanda, jubah, kendi, meja, cangkir, dan barang pribadi lainnya.

Tak hanya Museum Diponegoro, kompleks ini juga menyajikan Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang merupakan lokasi pertama kali BPK berkantor setelah kemerdekaan RI.

Museum ini memiliki berbagai ruangan, termasuk ruang rekam jejak, perpustakaan, audiovisual, wajah BPK, dan lainnya. Keduanya, eks Rumah Dinas Residen Kedu dan eks Kompleks Kantor Karisidenan Kedu, telah diakui sebagai cagar budaya, menyimpan keindahan dan sejarah yang memukau bagi pengunjung.

Berita Terkait TERKINI
Supaya mudik tetap nyaman, penting untuk melakukan hal-hal berikut sepanjang perjalanan. Salah satunya melakukan peregan...
travel | 11:45 WIB
Kelima provinsi itu diprediksi menjadi daerah dengan tingkat kepadatan paling tinggi selama momen mudik Idul Fitri....
travel | 11:30 WIB
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Tampilkan lebih banyak