Food

Pepsi Cabut dari Indonesia, Ini Lho Dampak Minuman Soda pada 1 Jam Pertama

Efek mengonsumsi soda selama 20 menit saja, gula darah bisa meningkat lho!

Dany Garjito

Ilustrasi Pepsi. (Pexels/Ethan Sees)
Ilustrasi Pepsi. (Pexels/Ethan Sees)

3. Efek minuman soda dalam 40 menit, tekanan darah meningkat

Hanya dalam waktu 40 menit, kafein yang terkandung di dalam minuman soda telah diserap seluruhnya oleh tubuh. Hal ini akan menyebabkan pupil mata membesar dan meningkatkan tekanan darah secara drastis. Kemudian kondisi tersebut diiringi dengan munculnya respon tubuh untuk mengatasi tekanan darah yang meningkat tiba-tiba. Adenosin, yaitu zat penerima sinyal yang ada di otak menjadi ditekan oleh tubuh untuk mencegah kelelahan akibat peningkatan tekanan darah.

4. Setelah 45 menit, timbul rasa kecanduan

Tubuh kemudian memproduksi hormon dopamin yang biasanya menciptakan rasa kecanduan dan rasa senang. Dampak ini hampir sama dengan dampak yang dihasilkan ketika Anda mengonsumsi heroin. Rasa senang akibat mengonsumsi minuman soda ini akan menyebabkan Anda kecanduan serta ingin mengonsumsinya lagi dan lagi.

5. Setelah 60 menit minum soda, gangguan pencernaan dan penyerapan gizi

Zat asam fosfor yang terkandung di dalam minuman soda akan mengikat kalsium, magnesium, serta seng yang ada di dalam usus halus Anda. Hal ini terjadi hanya dalam rentang waktu 1 jam saja. Kalsium, magnesium, serta seng mempengaruhi metabolisme zat gizi lain di dalam tubuh, sehingga jika jumlah mereka di dalam tubuh berkurang maka menyebabkan gangguan terhadap pencernaan serta penyerapan zat gizi.

Selain itu, Anda akan sering buang air kecil setelah mengonsumsi minuman soda karena minuman tersebut mengandung gula yang tinggi, sehingga mengganggu penyerapan air di dalam ginjal. Dan ketika Anda buang air kecil, kalsium, magnesium, dan seng akan terbuang juga melalui air urin Anda akibat berikatan dengan asam fosfor tersebut.  

SUARA.com/Ade Indra Kusuma

Berita Terkait

Berita Terkini